Rabu, 05 September 2012

It's Mine Or Yours (Cerpen)


Sempat terbersit keinginan kalo mungkin seru juga punya saudara kembar, setidaknya ada temen seumuran di rumah. Namun, angan tetaplah angan.. gue pikir nggak ada jeleknya juga buat nyari temen seumuran di luar sana. Tapi ntar kalo gue Hanya karena udah jadi sahabat sejak lama, akhirnya nama gue, Freny… bukan cuma buat gue tapi juga buat anaknya Om Dicky, sahabat karib Papa yang juga rekan kerjanya. Karena nama itu juga, kami..,gue ama Freny jadi temen akrab, memang sih nama kami agak beda tapi beda dikit karena pastinya nama belakang kami jelas nggak sama, kan papanya beda… . Nama lengkap gue Freniestha Winanta, sedangkan nama anaknya Om Dicky itu…Freniestha Wardhana. Kita sama –sama nggak mau dipanggil pake nama belakang kami masing – masing. Selain nama, banyak juga hal lain yang sama dari kami kecuali muka tentunya, umur kita sama, sekolah juga sama, namun ternyata selera dan kesukaan kami juga sama….
            Karena punya nama yang sama akhirnya kita mutusin buat membagi dua nama itu, dari Freniestha jadi Freny dan Estha. “Ini buat gue aja ya…”kata Estha. “nggak!nggak bisa! Gue kan yang lihat kaos itu duluan! Harusnya gue dong yang dapet” kata gue nggak mau kalah, kita jadi saling narik kaos yang menurut gue super cute itu, “Aturan sejak kapan tuh!lo kan cuma baru lihat, lagian gue dulu yang pegang, week..”kata Estha sambil menjulurkan lidah, mengejek. “Enak aja, ngalah dong lo!”. “Ngapain gue ngalah sama lo, emang gue kakak lo apa!dasar bawel”.Kita sama - sama nggak mau ngalah, tangan gue juga nggak bakal gue lepasin dari kaos itu.
***
Saat di Sekolah. “ Gue nggak ngerti deh… kenapa ya…,selera kita kok sama?, padahal, kita kan bukan anak kembar, saudara juga nggak…”kata gue. “Mana gue tahu, lo tu emang selalu ngikut- ngikut gue, apa yang gue suka, lo juga suka, yang gue nggak suka lo juga sama nggak sukanya.., gue nggak habis pikir deh..” kata Estha. “sorry yah, yang ngikut- ngikut tu lo bukan gue, lagian…udah deh nggak usah dipikirin lagi coz kayaknya otak lo nggak tahan banting!” timpal gue, lalu gue buru- buru kabur dari TKP sambil nahan tawa. “ Freny!! Sialan lo, awas lo ya!!” Estha segera menyusul gue dengan muka cemberut, saat Estha udah dapat ngejar gue, dia langsung nahan lengan gue, mencegah gue biar nggak kabur lagi. “ Tuh kan, bener! Yang suka ngikut- ngikut gue tu lo,ha..ha..ha” kata gue sambil tertawa. “ Bodo amat!! Nih rasain!” Estha menjitak kepala gue, dengan napas masih terengah-engah.
            Di dalam kelas, Gracia temen sekelas gue dan Estha yang terkenal bawelnya itu udah mulai bergosip ria lagi. “ Eh, tau nggak.. kalo ntar bakalan ada murid baru!, kabarnya sih pindahan dari Amrik…ya…import gitu deeh..” kata si Gracia. “ Cowok apa cewek?” Tanya gue. “ Coo-wok” jawab Gracia dengan bibirnya yang dimonyong- monyongkan itu. “ Sok tau!!emangnya lo tau dari mana, jeng?!” Tanya Estha pada Gracia. “ E..e..e Gracia gitu looh! Kuping gue tu udah cukup lebar buat denger semua.. hot news yang belum pada kalian tahu” jawab Gracia sok centil. “ Kuping lo lebar? Kuping gajah dong!!ha..ha..ha”ledek gue,dan kemudian diikuti oleh gelak tawa perkumpulan cewek- cewek itu, Gracia jadi manyun, sekarang mukanya jadi mirip ikan Louhan. Tak lama kemudian kelas itu kembali tenang, saat Bu Darcy masuk ke kelas. “ Pagi anak- anak…sekarang kalian akan dapat teman sekelas yang baru,Eugene! Silakan masuk.. ”ajak Bu Darcy pada seseorang di luar kelas. Mata Gracia membelalak dan mulutnya mlongo saat melihat sesosok cowok yang berwajah seperti seorang prince, masuk ke dalam kelas. Eugene menebar senyum ke setiap penjuru kelas, membuat cewek- cewek di dalam kelas itu terpukau. Termasuk gue dan mungkin juga …Estha. “ Nama saya…Eugene Jacqueline, di rumah, saya biasa dipanggil Jacky, but..terserah kalian mau manggil saya Eugene? or Jacky? It’s OK” kata Eugene yang ternyata biasa dipanggil Jacky itu. “ Gue panggil Joko aja ya?! Kan terserah kita”, tiba- tiba si Mono nyeletuk. “ Mono!!” serempak cewek- cewek sekelas menggertak Mono. Mono merasa keselamatan dirinya mulai terancam, “ Iya..iya…sorry..just kidding!!” kata Mono, yang masih mendapat tatapan sinis dan mengerikan dari temen- temen ceweknya. “ Mono! jangan kamu ulangi lagi…anak- anak harap tenang!, ehm..Jacky, kamu bisa duduk di kursi sebelah Freny. Hah! Sebelah gue? Bisa rontok nih jantung.., pasti temen- temen cewek pada ngiri nih, tapi.. biarin deh..gue juga seneng hi..hi..hi. Gue nggak sadar kalo sekarang Jacky udah ada di samping gue. “ Hey,nama kamu siapa…? Tanya Jacky dengan manis. “ A..Aku? eh, gue Freny..Freniestha” kata gue tergagap, gue maksa diri untuk senyum, membalas senyum Jacky. Kemudian… gue dan Jacky jadi lebih akrab, saat gue menoleh ke arah Estha, gue ngeliat Estha yang lagi memandang  Jacky dengan tatapan yang…gue nggak bisa ngartiin, mungkin menyangkut perasaan, perasaan yang mungkin juga sekarang gue rasain pada ...Jacky.
***
            Sudah sebulan sejak perkenalan Jacky di kelas gue. Dan sekarang tau- tau dia udah jadi cowok no 1 di kelas atau mungkin juga di sekolah itu. Why Not? Si Jacky itu nggak cuma menang tampang, tapi juga menang otak!, awalnya gue juga nggak nyangka kalo Jacky itu cowok  brilliant n’ borju pula dan sekarang… gue juga nggak nyangka banget kalo Jacky naruh hati ama gue.
            Hari minggu ini gue janji bakal nemenin Estha belanja di Mall. Gue udah sampai di depan rumah Estha, saat mau ngetuk pintu ternyata si empunya rumah udah buka pintu duluan, “ Freny? mo ketemu Estha ya?” Tanya kak Glenn, yang nggak lain adalah kakak sepupu Estha. Dia emang kuliah di kota ini dan kebetulan Tante Dwika, ibunya Estha bersedia menampung keponakannya itu di rumahnya. “ Eh, iya Kak, ehm... Estha nya ada?” Tanya gue kemudian. “ Ada di kamarnya.., apa perlu gue anterin?” kata kak Glenn. Ha! mo dianterin? Emangnya gue baru pertama kali datang ke rumah ini apa?! Gue tuh udah tahu lagi, seluk beluk rumah ini! Pikir gue, “ Oh..nggak usah Kak, udah biasa kok..”jawabku menolak tawaran Kak Glenn dengan halus. Dulu emang gue pernah suka ama Kak Glenn, sayangnya dia udah punya pacar.. tapi kata Estha, sekarang Kak Glenn berstatus jomblo, sayangnya juga sekarang gue udah rada nggak napsu lagi( hi..hi..hi ). Gue udah sampai di kamar Estha dan seperti biasa.. gue ngerasa liat kapal pecah!, seperti biasanya pula si Estha selalu ngrengek ke gue buat ngebantuin dia make over kamarnya, dari yang kayak kandang ayam jadi kandang sapi ( ha..ha..ha..nggak ada bedanya deh!). “ Tha! Cepetan yuk berangkat ke mall nya..” kata gue ke Estha yang lagi mo mandi . Sialan tuh Estha! Gue bela- belain cepet- cepet ke rumah dia, sampe nggak sempet beres- beres kamar eeeh.. malah disuruh ngeberesin kamar dia!!, udah gitu, tadi subuh dia nelpon gue dan nyuruh gue datang pagi- pagi ke rumah dia, katanya penting!Dasar!!. “ Iya,iya.. sabar dikit kenapa seeh! Lagian pagi- pagi gini Mall nya apa udah buka..” jawab Estha dari dalam kamar mandi. “ Lho! Trus ngapain lo nyuruh gue datang pagi- pagi,hah?!” kata gue jengkel. “ He.,he..he, maksud gue biar lo bisa ketemu ama Kak Glenn! pujaan hati lo!” kata Estha kemudian. Gue termenung sejenak, entah kenapa tiba- tiba gue inget Jacky… “ Freny?! Lo denger gue khan?, kok lo jadi nggak ada suaranya..!” kata Estha yang membuyarkan lamunan gue. “ Ih apaan sih lo?! gue emang dulu suka ama dia tapi itu dulu, kalo sekarang..”kata- kata gue tiba- tiba terputus. “Kalo sekarang masih khaan..he..he..he” celetuk Estha. “ Bodo! Terserah lo deh!” kata gue, gue hempasin tubuh gue di kasurnya Estha, kepala gue ngerasa kepentok sesuatu, Oh..ternyata buku Diary nya Estha! Kebetulan! Gue baca ah..Wuiih tebel banget nih Diary! sampai monyong dong gue bacanya..gue baca dari belakang aja ah..siapa tahu dia nulis tentang cowok idamannya, kan bisa gue jadiin referensi buat ngeledek dia. Lembar demi lembar gue baca, gue agak nggak bisa konsentrasi soalnya si Estha mandi sambil nyanyi sih, mending kalo suaranya merdu lha ini…ayam jago aja masih bagusan dari dia!. “ Estha! Lo diem deh, kalo lagi mandi tuh konsentrasi!, jangan malu- maluin gitu”. Ledek gue. “ gue nggak bisa konsen! Tapi gue masih bisa konser..ha..ha.ha!!” kata Estha. Huh!. Terpaksa kepala gue, gue tutupin pake bantal, gue jadi nggak mood lagi baca diary nya dia, Cuma gue bolak- balik tapi kemudian tiba- tiba mata gue tertuju pada sebuah nama di dalam diary itu yang membuat gue terpaku…Estha udah selesai mandi. Tak lama kemudian kita udah nyampe di mall, gue nggak banyak bicara waktu di sana.. gue masih kepikiran sama tulisan Estha di dalam diary nya. “ Tumben lo diem, biasanya kan paling ribut sampe bikin malu gue..” ledek Estha. “ Tau nih, gue kok jadi nggak enak badan..” kata gue sok lemes. “ aduh, jangan- jangan lo sakit lagi, gue anter ke Dokter hewan sekarang yuk, hi..hi..hi” lagi- lagi Estha ngeledek gue. “ Apaan sih lo, dari tadi bawaannya ngeledek gue mulu’!, capek nih capeeeek…” rengek gue. Setelah beberapa lama kemudian kita udah balik lagi ke rumah Estha, ternyata di sana udah ada Kak Glenn, trus Estha nyuruh kak Glenn buat nganter gue pulang, ini pasti rencananya si Estha, tadi katanya mo nganter gue pulang. Di dalam mobil, gue ama kak Glenn nggak banyak bicara, kebanyakan gue cuma jawab iya atau nggak aja. Akhirnya sampe juga di rumah… “ Makasih ya kak, udah ngrepotin nganterin aku pulang” kata gue pada kak Glenn. “ ehm..iya sama- sama, aku nggak ngerasa direpotin kok, lain kali aku boleh kan nganterin kamu lagi?” Tanya kak Glenn. “Kalo nggak ngrepotin sih..” jawab gue. Kak Glenn tersenyum, gue jadi tersipu, “ eh.. Kakak mo masuk dulu?” tawar gue. “ ehm.. nggak hari ini deh,mungkin lain kali ya..” tolak kak Glenn dengan halus.
***
            Pagi ini gue kesiangan bangun, alhasil gue terlambat masuk kelas, untung gurunya belum masuk kelas. “ Kenapa telat?” Tanya Jacky yang sampe saat ini masih duduk di sebelah gue, padahal minggu kemarin udah ditawarin Bu Darcy buat pindah ke bangku murid cowok lain. Gue hanya tersenyum pada Jacky. Hari ini gue udah kesiangan lupa bawa dompet lagi, tadi sih udah ditawarin ditraktir sama Estha tapi gue nggak enak sama dia, jadi gue tolak halus. Karena suntuk hanya di dalam kelas doang, gue cari suasana baru di Perpustakaan, bukannya mau baca buku malah numpang molor  (masih ngantuk sih! ). Waktu asyik- asyiknya ngantuk, tiba- tiba ada seorang pangeran mendatangi gue, bangunin gue pakai pukulan pedang mika nya, nggak sakit sih! tapi cukup ganggu gue. Waktu tersadar kalo Pangeran berpedang penggaris mika itu adalah Jacky aku langsung tergagap bangun. Jacky tertawa. “ huh apaan sih! ganggu aja!” kata gue, gue memalingkan muka gue ke sisi lain. “ Trus…apa jawabanmu untuk aku?” Tanya Jacky. Aku berbalik dan menatap Jacky, “ Jawabanku? jawaban buat apa? kok mendadak banget..” Tanya gue bingung. “ ya…itu…kamu nerima cintaku apa nggak?” Tanya Jacky, yang makin membuat gue deg degan. “ gue.. nggak ngerti..”kata gue bimbang. “ Freny..” Jacky memegang tangan gue, namun segera kulepasin. “ maaf  ya..Jacky, gue ada urusan lain.” kata gue dan rasanya gue ingin cepat- cepat kabur dari situ. Tapi Jacky keburu menahan lengan gue “ Please.. jangan buat aku bingung kayak gini” kata Jacky kemudian. Gue menarik napas pelan “ Sorry.. gue pikir.. gue nggak bisa nerima lo..” setelah berkata begitu gue cepat- cepat ke luar ruangan dan setengah berlari di koridor biar cepet nyampe kelas. Ternyata Jacky ngejar gue dan manggil- manggil nama gue tapi gue acuhin aja, namun akhirnya ia berhasil ngejar gue dan nahan lengan gue. “ Apaan sih, lepasin! malu dilihat temen-temen tuh!” kata gue lirih pada Jacky, “ Oke.. aku lepasin, tapi setelah kamu kasih alasannya kenapa kamu nggak mau nerima aku, padahal sebelumnya kamu nggak gini, tapi kenapa sekarang kamu bersikap dingin sama aku?” Tanya Jacky. “ Gue nggak bisa bilang alasannya ama lo!” kata gue. Please Jacky..jangan maksa gue buat cerita kalo gue ngelakuin ini semua buat Estha..Estha juga naruh hati  sama lo. Gue nggak mau persahabatan kita hancur hanya karena ini. Pikir gue dalam hati. Semua mata memandang ke arah kami, termasuk Estha, gue jadi ngerasa bersalah, gue lihat pandangan matanya yang kecewa banget ngeliat gue dan Jacky.
***
         Udah seminggu Estha nggak ngomong sama gue, saat gue ke rumahnya, dia selalu nggak ada di rumah, walaupun gue tau pembantunya Estha, Bi Onah, dipaksa bo’ongin gue. Udah seminggu ini juga gue diemin si Jacky, gue jadi bener- bener benci ama dia, gara- gara dia, gue jadi marahan ama Estha. Sampai pada suatu malam gue beraniin buat ke rumah Estha lagi, mo minta maaf, tapi tetep aja gue dibo’ongin katanya si Estha lagi tidur... Akhirnya gue nglemparin batu- batu kecil ke jendelanya Estha, tuh kan bener! bi Onah bo’ong lagi ama gue!, nyatanya Estha bukain gordennya.  “Estha! Gue minta maaf!”teriak gue. “ Minta maaf buat apa?” Tanya Estha acuh. “ Gue tau lo suka ama Jacky, maafin gue atas kejadian dulu itu ya..” pinta gue. “ Kejadian apaan sih gue nggak ngerti! Lo mendingan pulang aja biar nggak ngeganggu tetangga-tetangga gue!” kata Estha ngusir gue. “ Kejadian dulu yang waktu itu gue lagi di perpustakaan…trus ada si Jacky…trus dia ngejar- ngejar gue…trus gue tolak tapi dia tetep ngejar…trus lo lihat…trus lo…” kalimat gue diputus oleh Estha. “ Stop..stop..gue ngerti, ya udah lo gue maafin.. udah gih lo pulang aja sana..” kata Estha. “ Estha.. gue bener- bener minta maaf! Gue nggak yakin kalo lo bener- bener maafin gue!, gue bakal manjat sampai kamar lo!” teriak gue. “ Jangan konyol deh! Lo bisa jatoh!” Estha nampak mulai khawatir, tapi tetep aja gue manjat tangga sampai ke kamar Estha. Karena gue nggak punya bakat jadi maling akhirnya baru setengah jalan gue udah lemes dan…. “ Aaaa.. Freny!!” teriak Estha saat ngeliat gue pingsan dan terkapar tertimpa tangga yang juga jatuh di atas tubuh gue, Saat gue jatuh ternyata Kak Glenn baru pulang, buru- buru dia keluar dari mobil dan nolongin gue. “ Kak Glenn tolongin bawa Freny ke mobil! Aku segera turun!” kata Estha dari kamarnya.
***
            Saat membuka mata tau- tau gue udah ada di rumah sakit, bau obat di mana- mana. “ Udah.. lo jangan banyak gerak dulu… memar- memar di tubuh lo belum sembuh bener” Kata Estha, Di ruang itu ternyata udah ada Mama, Papa, Papa & Mamanya Estha, Estha, Kak Glenn, Gracia dan temen- temen sekelas yang lain ( apa pada nggak tahu kalo ruang ini udah sempit kayak gini ). “ Mama.. Papa… nggak usah khawatirin Freny lagi.. Freny baik- baik aja kok..” kata gue pada ortu gue. “ Gimana nggak khawatir! Orang kamu nggak siuman selama 2 hari!” kata Mama khawatir. Lho?! Selama itu? Padahal cuma jatuh dari tangga..untung rumah Estha cuma 2 lantai gimana kalo 7 lantai bisa- bisa gue seminggu nggak bisa nonton film Bollywood kesayangan gue dong?! hii…ngeri!!.
***
            Hari ini gue udah boleh pulang ke rumah. Esoknya gue udah bisa berangkat sekolah lagi. Ternyata Jacky udah kembali ke kampungnya lagi di Amrik. Melihat gue celingukan di dalam kelas tiba- tiba Mono nyeletuk “ Jacky udah dideportasi!” kata Mono asal-asalan. “ Ngaco aja lo! Eh..ya.. kata Jacky, dia minta maaf nggak bisa jenguk lo coz kayak nya dia lagi sibuk mo pindahan lagi” kata Gracia pada gue. Gue hanya tersenyum, Estha yang sekarang ada di sebelah gue ikut tersenyum. “ Ngapain senyum- senyum! Kayak orgil aja!” ledek gue. “ Sialan lo! Lain kali  jangan lagi baca diary orang sembarangan ya!” kata Estha sambil nimpuk kepala gue pakai bukunya. Ternyata Estha udah tau kalo gue diem- diem baca buku Diary nya. “ Hei Gals! Udah tau belum kalo ntar bakalan ada murid pindahan baru, dari Meksiko bo’!” kata Gracia dengan centil. “ Kayaknya sih cowok, mungkin keren ya.. kayak bintang telenovela gitu…” lanjut Gracia. Kemudian Bu Darcy masuk ke dalam kelas.. “ Anak- anak kali ini kalian akan mendapat teman baru lagi.. pindahan dari Meksiko..Hugo..silakan masuk. Tak lama kemudian masuklah sesosok cowok berkulit sawo matang dan berhidung mancung, kemudian dia mulai memperkenalkan diri. Huh! Lagi- lagi! malees bangeeet! pikir gue. “ My name’s.. Frederick Hugo Carlitos..” kata cowok itu. “ Ehm.. Hugo.. silakan kamu duduk di sebelah…ehm…Freny..!” kata Bu Darcy sambil menunjuk pada gue. Hugo tersenyum ama gue. OH… NO!!!.        

 ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar