Jumat, 13 September 2013

Pengalaman Bikin SKCK CPNS dan BUMN


lagi pengen nge share pengalamanku bikin skck nih, hhehe
sebelumnya udah sempet googling tentang syarat2 nya, dan hasilnya kebanyakan alur/ proses nya panjang banget, mulai minta surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan..
tapi ternyata memang beda-beda, nggak semua daerah seperti itu alur bikinnya, contohnya aja di daerahku.. Daerah Istimewa Purwodadi a.k.a Grobogan :D, setelah sempet cari tau lewat dunia maya, aku terusin cari tau lewat dunia nyata hhehe, karena ternyata ada temen aku yang udah pernah bikin SKCK, langsung deh aku tanya-tanya ama doi. Dari keterangan yang aku dapetin kagak usah tu pake surat pengantar dari RT dst. kata dia sih langsung ke Polres aja.

Dan, esoknya dengan pede nya aku langsung menuju Polres Grobogan yang ga jauh juga dari rumah sekitar 5 menit nyampe. masih pagi sih, tapi udah ada orang juga dengan tujuan sama.. bikin SKCK!. Dari sini timbul kelucuan nya -___-".. kira-kira gini percakapan antara aku dengan bapaknya.. bukan bapak-bapak sih,cuman biar ngehormatin aja aku panggil pak.
A : ehm, Pak mau tanya untuk bikin SKCK untuk keperluan CPNS sm BUMN itu jadi satu ato sendiri-sendiri ya pak?
B : Oh, harus sendiri-sendiri, soalnya SKCK CPNS ga bisa tuh dbuat daftar BUMN.
A : (OH YA??) ---> cuman nge-batin aja hhehe
A : kalo persyaratan nya apa aja pak?
B : itu di depan mbak, ada semua petunjuk dan syarat-syarat nya..
mulai deh aku baca satu persatu syarat-syarat nya.. semua komplit mulai dari fotokopi KTP, KK, akta kelahiran, Pasfoto dll, tapi ada satu yang belum aku dapetin disini yaitu surat pengantar dari Polsek.. lha kok?? kata temenku langsung aja ke polres T.T.
B : gimana mbak udah lengkap semua?
A : (nyengir) belum pak, pengantar dari Polsek belum punya..
B : ya bikin dulu donk mba di polsek.. tau kan polsek nya dimana, deket alun-alun itu loh..
A : iya pak.. iya tau kok saya kesana dulu pak..
B : mau dianter ga mbak??
A : hhehe kagak usah pak.. saya ga bakal diculik kok-___-"

Nah setelah tau ternyata harus pake surat pengantar, yah aku segera meluncur ke tkp. disana udah banyak juga yang antri dan ternyata kebanyakan langsung bikin skck disitu.. baru tau juga kalo Polsek bisa bikin SKCK, tapi tentu aja bukan untuk keperluan mendaftar CPNS tapi hanya untuk mendaftar perusahaan swasta aja. setelah nunggu beberapa jam, bapak yang ngurus udah datang dan mulai bagiin form yang harus diisi disitu ada sekitar 3 lembar kalo ga salah termasuk keterangan untuk keperluan apa.

setelah diisi kita masing ditanyain juga keperluannya, nah ternyata baru bisa jadi besoknya lagi. yah harus balik sini lagi deh.. Esoknya pagi-pagi aku uda langsung menuju polsek dan ternyata masih kepagian, nunggu beberapa menit.. bapak yang ngurus SKCK udah datang.. dan surat pengantar ku udah jadi.. alhamdulillah yak.. langsung sekitar jam 9:00 WIB aku menuju polres buat bikin SKCK nya, setelah ketemu bapak nya yang kemaren .. aku dikasih form juga dan harus diisi plus ditempel foto ukuran 3x4 kalo ga salah. berlembar-lembar form nya -__-. setelah selesai diisi kemudian dikumpulkan kembali dan aku disuruh menuju ke ruang sidik jari dan pengambilan foto. beuuuuh ga bilang harus foto lagi, mana kurang dandan lagi wkwkwk :D, cukup banyak antrian juga di ruang itu, dan waktu aku masuk sih udah ga sisa tempat duduk.. tapi ada mas-mas baik hati yang mempersilakan aku duduk, dan dia yang berdiri, nice guy.. hhehe. setelah beberapa orang selesai sidik jari dan foto sekarang giliranku. sidik jari yang diambil adalah semua jari yang ada di tangan, sorry.. kaki ga termasuk. setelah semua jari kena tinta, kita ditanyain juga tentang pendidikan, umur, ciri fisik dll.. setelah ini giliran sesi pemotretan.. model kaleee :p. foto cuman sekali jepret dan ga boleh minta lagi hhaha. disitu aku juga bilang ke bapak polisi yang ngurus kalo aku mau bikin 2 SKCK yaitu BUMN dan buat CPNS, setelah itu aku dsuruh kembali ke bapak yang semula lagi, buat nyerahin berkas. oiya, setelah foto kita diminta membayar 25K kalo ga salah. Setelah itu memang SKCK belum bisa diambil dan baru bisa diambil besoknya.

Besoknya aku dateng lagi ke Polres dan langsung menuju ruang SKCK, disitu langsung aja bilang mau ambil SKCK dan karena SKCK ku ada 2 jadi aku bayar dobel deh, agak lupa berapa nominalnya.. pkoknya lumayan lah, plus bayar buat fotocopy yang sudah dilegalisir masing-masing 5K dan karena aku bkin 2 maka aku bayar dobel lagi buat fotocopy itu jadi 10K. Dan setelah cek and ricek semua data yang tercantum di SKCK udah bener, bisa pulang deh ^^. SKCK yang aku buat itu memang ada 2 yang mana salah satunya diberi keterangan "Untuk Mendaftar CPNS" dan satunya lagi dengan keterangan "Untuk Mendaftar BUMN"
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FYI, ternyata untuk mendaftar BUMN ga usah ditulis keperluan seperti itu juga bisa.. cukup dengan "Untuk Mendaftar Kerja" ^^

3 komentar:

  1. kalo di daerah saya kok harus dari ketua RT dsb .. agak ribet gitu haha

    BalasHapus
  2. Klo bikin skcknya udah terlanjur dbkin untuk keperluan melamar pekerjaan, kira² bisa ga tuh dipake buat cpns

    BalasHapus
  3. Mantab pak, terimakasih banyak informasinya mengenai cara membuat skck sangat bermanfaat kalau bisa terus di update informasinya sob. Biar orang-orang yang belum pernah bikin skck jadi paham prosedur pembuatannya

    BalasHapus