Selasa, 24 September 2013

Bikin Surat Keterangan Berbadan Sehat


assalamu'alaikum..
beberapa hari yang lalu aku sempet bikin surat keterangan sehat dan tentunya untuk keperluan mendaftar kerja, khususnya CPNS hehhe..
ok, agak simple untuk buat surat sehat ini, yah daripada bikin skck atopun kartu kuning.. 
oiya, tentunya untuk mendapat secarik kertas bertuliskan keterangan bahwa kita memang berbadan sehat tentunya ada persyaratan siapa yang berhak bikinin surat sehat buat kita.. yap! dokter pemerintah.. boleh di puskesmas atopun RSUD (Rumah Sakit Daerah), ga ada bedanya sih.. ada dikit yah tau lah tambah goceng lagi. 

awalnya udah pernah bikin di puskesmas, dan karena waktu itu ada instansi yang buka formasi cpns dan mengharuskan untuk mengirim berkas beserta surat keterangan sehat asli, jadi deh aku harus bikin lagi kalo-kalo mau daftar ke instansi lain. di Puskesmas atopun RSUD sebenernya tatacara nya mudah... mulai dari pertama ambil nomor antrian, nunggu bentar sampai dipanggil.. nah ini untuk yang berangkat siang sih nunggu nya agak lamaan dikit karena makin siang bakal makin banyak pasien yang dateng.. terutama waktu musim CPNS, udah kayak pasar aja Rumah Sakit atopun Puskesmas.. 

setelah menunggu beberapa menit kita akan dipanggil untuk ditanyain keperluannya, bilang aja mau bikin surat keterangan berbadan sehat, nah disini ada yang perlu diperhatikan lagi, karena ada beberapa instansi yang mewajibkan pembuatan surat sehat beserta surat keterangan tidak buta warna dan tidak tuli.. ada juga sih yang mewajibkan surat bebas narkoba, walupun hanya sedikit instansi yang mewajibkan surat bebas narkoba.. karena biasanya surat bebas narkoba baru diminta kalo kita udah lolos seleksi CPNS. Nah, untuk biaya bikin surat sakti dari dokter itu kalo di puskesmas cukup 5K dan kalo di RSUD jadi 10K, tapi keknya tergantung tiap daerah juga.. kemaren sempet liat wacana di salah satu sosmed yang kabarnya ada salah satu Rumah Sakit di suatu kota yang kasih tariif nyampe 200K cuman buat bikin surat sehat.. aji mumpung banget -___-"

Surat sehat baru, aku bikinnya di RSUD daerahku.. 10K dan sempet tanya-tanya sih tentang bikin surat keterangan tidak buta warna dan tidak tuli, nanti tambah lagi bayar 20K, karena bikin surat itu dianggap kayak check up, gitu.. kata ibu pegawai nya yang di front desk.. kalo ditambah buat bikin surat keterangan bebas narkoba, tambah lagi :D sekitar 200K ato 300K gitu.. agak mahal sih karena memang kan nanti ada tes urine juga. Aku sih bikin surat sehat aja, jadi bayar 10K, toh instansi yang aku mau daftar juga tidak mengharuskan melampirkan juga surat keterangan tidak buta warna dan tidak tuli. Setelah ditulis identitas kita dengan menyerahkan ktp, geser dikit ke bagian kasir untuk bayar dan bakal dikasih secarik kertas rujukan ke dokter bagian umum. Nggak usah pake lama langsung aja meluncur ke TKP keburu nanti rame.

di depan ruang dokter masih harus nunggu dipanggil lagi, dan udah giliranku masuk, tapi sebelumnya pake acara ditimbang berat badan dan diukur tinggi badan juga.. sayangnya alat pengukur dan timbangannya berada di luar ruang dokter, jadi tontonan deh T.T setelah dicatat pak dokter nya, kemudian langsung bisa masuk ruang dan di dalem ruangan baru dibikinin surat sehat, kagak di cek apa-apa sih -__-" cuman nungguin ditulis aja surat sehatnya. kalo waktu di puskesmas sih sempet tuh di tempelin stetoskop bentar udah gitu aja. Selesai deh.. ^^
---------------------------------------------------------------------------------
emm.. ada saran juga kalo bikin surat sehat yak.. kalo bisa nih ya minta lebih dari satu aja.. karena biasanya ada aja instansi yang minta dikirim berkas asli (surat sehat, skck, kartu kuning)

waassalamu'alaikum ..

18 komentar:

  1. Makasih Untuk saran Dari Blog Anda.
    Blog Anda Good I Like And Music The Best linkin fark

    BalasHapus
  2. klo bikin surat kesehatan jasmani dan rohani di puskesmas gpp kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting surat kesehatannya dari dokter pemerintah kk :)

      Hapus
  3. kalau buat nya di apotik bisa gak iyaa kaak ?

    BalasHapus
  4. asal itu rsud ato puskesmas , berartii dah termasuk dokter pemerintah ya neng?

    BalasHapus
  5. Kalo persyaratannya harus dokter RS pemerintah?harus di RSUD berarti ya?

    BalasHapus
  6. Kalo persyaratannya harus dokter RS pemerintah?harus di RSUD berarti ya?

    BalasHapus
  7. Kami orng perantuan klok mau bkin surat keterangan berbadan sehat didaerah lain bisa gak ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kak.. syaratnya hanya dapat surat ket sehat dari dokter RS..
      ngga ditentukan harus dilakukan ssuai domisili d ktp.

      Hapus
  8. Butuh waktu berapa lama ya dari awal antre sebagai pasien baru terus sampai dapat surat keterangan kesehatan?

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

    DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

    (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM )

    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    BalasHapus
  10. Dokter pemerintah maksudnya?
    Dokter yang jadi PNS?

    BalasHapus