Senin, 23 September 2013

Tes Tahap I OJK (Posisi Staf)


assalamu'alaikum :)

mau ngeshare pengalaman tes tahap I OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mana tanggl 16 September 2013 udah pengumuman siapa yang lolos seleksi administrasi, termasuk aku.. alhamdulillah..
Well, mulai pertama buka web dan mencoba log in buat liat pemberitauan/ syarat-syarat apa aja yang harus dibwa pas tes Tahap I ntar, sempet kaget sih.. :D secara tes Tahap I aja udah ada 4 bagian di hari yang sama, Tes Potensi, Tes Pengetahuan OJK, Tes Pengetahuan Bidang dan Tes Bahasa Inggris. Untuk Tes Bahasa Inggris ini boleh ga ikut sih, asal bawa bekal sertifikat TOEFL yang diakui.. ITP/ IELTS itu kata mbak yang jaga tes nya. dari kuota 60 orang di kelas ku.. kalo ngga salah, waktu itu sekitar 5 kursi kosong..

aku dapet jadwal jam 8:00 WIB, dan jam 7:00 lebih aku udah nyampe di TKP dan udah liat banyak peserta yang datang. Memang dari awal ada himbauan untuk tidak membawa kendaraan pribadi.. tapi alhamdulillah, tempat aku tes sih ada lahan parkir nya cukup luas.. sepeda motor di basement dan mobil di halaman kalo ga salah. jam 8 kurang udah ada mbak-mbak pengawas yang masuk menuju kelas, dan menempelkan nomor ruang di kelas itu, aku sih ga keliatan tulisannya apa.. cuman adek aku yang matanya masih normal bisa ngeliat jelas kalo itu ruang S.3.E ruang dimana aku harus masuk.. gatau deh nih minus di mata nambah kali ya :(. oh iya, kenapa aku tau kalo itu ruangan tes ku? sebelum masuk ke gedung kampus nya (STIM YKPN Jogja) udah ada papan pengumuman yang ditempelin banyak kertas dan tercantum nama-nama peserta tes sekaligus ruang tes nya. nah berangkat pagi-pagi ato berangkat awal amat sangat membantu kita, apalagi yang memang ga suka berdesak-desakan.. setelah adek aku bilang kalo mba-mbak pengawas itu nempelin kertas bertuliskan nomor ruang ku, langsung aja aku nyamperin kelasnya dan bertanya.. akhirnya disuruh deh masuk kelas dulu walaupun di dalam kelas cuman ada 2 orang.. yah gapapa deh nunggu di dalem lebih adem daripada nunggu di luar :D

dan setelah hampir jam 8 tepat kelas udah mulai keisi banyak orang, di luar juga keliatan banyak peserta mondar-mandir cari ruangannya..apalagi kayak aku yang ada di lantai 3 jalan pake high heels pula :( ga kebiasaan sih, tumit tegang benerr , tapi ternyata ada juga yang dapet ruang tes di lantai 4, aku harap mereka baik-baik aja :p, apalagi yang cewe-cewe hihihi. Mbak pengawas nya juga bilang kalo tes dimulai jam 8 tepat. Setelah jam menunjukkan jam 8 tepat, pengawas mulai membagikan soal dan lembar jawab, sesi pertama untuk tes Potensi, sama hal nya psikotest .. dan menurut aku soal nya mirip gitulah ato mungkin sama persis ketika tes JAMSOSTEK kemaren. Psikotest ini ada 3 subtes yaitu yang pertama hitungan cepat, pengurangan, penambahan, perkalian, pembagian, dan kedua tentang vocab yaitu mencari persamaan dan perlawanan kata dan yang terakhir mathematic reason, seperti soal cerita matematika.. semua diberi durasi waktu dan kita harus secara cepat mengerjakannya. setelah waktu untuk tes Potensi habis, dimulailah tes Kreplien.. aku yakin semua udah pada kenal yak.. hitungan cepat di atas kertas selebar koran :D. Keep Calm n Ikuti Instruksinya :p

Kemudian sesi kedua, yaitu Tes Pengetahuan OJK. Memang sebelumnya harus belajar keras untuk mengerjakannya, pelajari UU OJK No. 21 Tahun 2011 dan tentang OJK di website resminya aja :kisss. Soal yang keluar kemarin ada pertanyaan nama ketua nya, visi dan misi OJK, pihak-pihak yang diawasi juga tugas dan wewenang OJK. Kalo menurut ku sih susyeh-susyeh gampang gitu, apalagi kalo baca istilah yang aku kurang paham :(, yang pasti semua aku isi di lembar jawabannya :p entah ada yang salah gatau dah. waktu sekitar 60 menit dengan 100 soal. Dan sama hal nya waktu tes Kemampuan Bidang/ sesi ketiga, jumlahnya juga 100 soal dengan waktu 60 menit.. jadi di kelas aku, smua peserta berbasic hukum alias SH-ers, mungkin memang dari PPM sudah diatur tiap kelas dengan bidang/ latar belakang pendidikan yang sama. untuk soal bidang hukum ini, masih dasar kok :) yang pasti banyak keluar dari KUHPER, KUHP dan KUHAP.. dan Peratun. semua masih basic tapi kalo lupa berabe juga -__-" misalnya kek aku gini.. muncul tuh pasal pencurian dengan pemberatan, pencurian ringan dan penipuan.. busettt,dan samar-samar inget nya :(, moga-moga jawaban aku kemaren benerr hehehe.

Sesi terakhir yaitu tes Bahasa Inggris buat mereka-mereka yang datang tanpa membawa bekal sertifikat TOEFL, temasuk aku. lagi-lagi ngerasa dejavu.. kenapa? soalnya sama kek tes bahasa inggris JAMSOSTEK.. tapi baguslah karena masih dapet aku jangkau, hhehe.. maklum, masih trauma sama tes TOEFL waktu PCPM BI kemaren.. hahaha. 100 soal dan dikasih waktu 40 menit dan alhamdulillah semua keisi.. mengerjakan dengan otak dan hati, karena kadang juga mengandalkan feeling :D, emm..lebih baik bawa jam tangan ya.. biar ga lupa waktu.

ok, sekitar jam setengah 1 udah selesai semua, jalan gontai keluar ruangan dengan mata yang udah kliyengan dan kepala berasa hangat banget :D karena kagak ada istirahat sama sekali di sela-sela semua rangkaian test hari itu. Dan saat keluar ruangan udah banyak terlihat peserta yang dapat jadwal jam 1 siang, entah kapan nanti mereka selesai nya.. sekarang tinggal nunggu hasil tes kemaren yang kabarnya diumukan tanggal 30 September 2013 dan tes Tahap II akan diadakan tanggal 5-6 Oktober 2013, semoga aku dapet undangannya, aamiin

wa'alaikumsalam :)

41 komentar:

  1. engga :p
    trnyata ckup sampai disitu :(

    BalasHapus
  2. teyuuus, kelanjutannya apa masih terus LOLOS.........?

    BalasHapus
  3. yang masuk tahap wawancara user itu kudu bawa ITP ga sihh.. aku ga punyaaaaaaaa :(

    BalasHapus
  4. maaf ak krg pham jg kk mngenai itu -_- hehe

    BalasHapus
  5. semangat kk
    rejeki ga akan kmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt kk..
      insyaAllah msih ttep semangat ni ^_^

      Hapus
  6. Risma, susah po tes e? aku jadi minder.... sola e dari jogja terus sekarang di kalimantan n testnya harus ke jakarta. besok jadwal tes n lokasi mulai diumumin.#bimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo susah sih relatif kk.. cuman kayaknya ak ni krg latiannya gt sih.. apalagi sesuai latar belakang pendidikan nya kan yak..
      krja di kalimantan yak kk? bimbang krna hrs ke jakarta nya?

      Hapus
  7. risma.. susah tes nya ?? aq baru tau td kelulusan nya dan besok ujiannya.. gk ada persiapan jdnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sempat datang mending diusahain datang aj kk.. iyaa sih wktunya mepet yak.. tapi siapa tau jg kn.. ini jalannya hehe
      keep spirit kk :)

      Hapus
  8. @andra.. hi... aku juga besuk tes ny tapi aku belum tau dimana tempatnyy aku buka web lum ada info lanjutny

    BalasHapus
  9. ada masukan ngak buat contoh soal psikotes untuk jurusan ekonomi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. maaf mba finny ngga bgitu tau juga ak ni ttg soal psikotest nya yg untuk fakultas ekonomi..
      :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. ngga kk.. :)
      skrg ak uda d kemenkeu, kk bagas..

      Hapus
  11. hari ini 19 oct sy maju mengikuti tes ojk :) shif 1.
    thanks informasinya

    BalasHapus
  12. okee kk, sama2..
    good luck yaa ^^
    ak doain lolos :)

    BalasHapus
  13. sist,mau donk fr soal2 psikotest kemenkeu thn kmrn
    trs materinya tntng apa aja
    aku dpt tgl 6 nvmbr nh
    tq

    BalasHapus
  14. psikotest kmenkeu? coba dtengok tulisan ku kk.. utk psikotest kemenkeu nya :)

    http://lumpiabakpia.blogspot.com/2013/11/psikotest-cpns-kementrian-keuangan.html

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingatku yang ak tulis disini kk.. hehe..
      sesuai sama kualifikasi pendidikannya masing2..

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kk ak cman smpe tahap I doank..
      ngga lolos stelahnya, jadi kurang tau ^_^"

      Hapus
    2. saya juga hari ne tes ojk nya.....
      at Banda Aceh..

      Hapus
  17. Saya juga :) , hari Sabtu tanggal 15 Nov 2014 Saya tes OJK tahap 3 (Psikotes2),
    Terimakasih banyak atas infonya ini yah KK Risma, Infonya bener2 bermanfaat banget, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah sampe tahap 3 yah kk.. selamat yak..
      sama2.. senang bisa sedikit membantu
      :)

      Hapus
  18. Pembahasan psikotesnya komplit banget, berbagi pengalaman sangat bermanfaat untuk yang membutuhkan. Tetap semangat menulis. Salam kenal dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kk,dari pengalaman bisa sharing ^^
      salam kenal juga..

      Hapus
  19. terima kasih informasinya. sangat bermanfaat buat saya yang ikut rekrutmen pcs ojk bulan ini. salam kenal

    BalasHapus
  20. Makasih infonya mba bermanfaat banged.. mba untuk yang itungannya apa kita boleh make kalkulator ga?

    BalasHapus
  21. Makasih infoya ya ka, jadi ada gambarang tes nya, tadi baru aja aku ikut tes. Susah juga(susah banget), udah ngapalin pasal2 OJK, tapi nggak ada yang keluar satu pun, hehe. Mungkin beda jurusan beda soal, atau mungkin emang udah berubah soalnya. Tadi aku dapet pengetahuan umum ekonomi aja(yang buat aku itu asing banget), seputar pinjaman bank istilah-istilahnya. Sekali lagi makasih ya ka sharing nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas ardy. Kira kira soalnya bagaimana ya. Saya mau ikut tahun depan. Terima kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. sama2 kak..
      ak doain pada lolos ^^
      aamiin..

      Hapus