Selasa, 10 September 2013

Tes Tahap II PCPM BI 2013


bismillahirrahmanirrahim..
alhamdulillah, lolos tes tahap I.. dan selanjutnya harus belajar lebih keras untuk persiapan Tes Tahap II yang sejak diumumin itu cuman berjarak 3 hari sama tanggal tes ku :(. Masalahnya adalah, tes kali ini akan mengandung unsur-unsur ekonomi yang aku sendiri uda lupa sama materi-materi ekonomi sejak duduk di bangku sekolah dulu.

aku dapet jadwal tanggal 08 September 2013, Pukul 11:00 WIB bertempat di Auditorium Imam Barjo UNDIP Semarang, antara semangat dan ngantuk :D. Sebenernya nostalgia juga bisa kesitu lagi setelah dulu pernah ikut snmptn dan gatot T.T. Sesuai yang telah ada di pemberitahuan, yaitu tes tahap II kali ini terdiri dari 2 bagian tes.. Tes Pengetahuan Umum dan Tes Bahasa Inggris. Tes Pengetahuan Umum ini sarat mengandung ilmu ekonomi, hayukk yang ga punya latar belakang pendidikan ekonomi belajar giat yak :D. Materi nya yaitu tentang kebanksentralan dan current issues, untuk TPU ini jumlah 100 soal dalam waktu 1 jam. Ingat! berpikir cepat!, dan gunakan logika juga.. salah satu pertanyaan yang aku lupa tepatnya, aku sebenernya ngga tau jawabannya.. boro2 tau jawaban, tu soal pake istilah yang aku gak pernah kenalan sebelumnya, tapi mungkin pernah denger dari mbak-mbak anchor news di tipi-tipi. Nah, aku gabisa jawab kan dan ternyata.. di soal selanjutnya aku dapetin jawabannya :D, yah kira-kira seperti itulah ^^ aku rekomendasiin juga pake jam tangan, membantu banget buat jadi patokan kita buat ngerjain, biar ngga terlalu lambat karena terus memikirkan satu soal dan gabisa baca soal smpe akhir..
Mungkin mampir ke website "detik.com" ato baca-baca koran di rubrik ekonomi perbankan cukup membantu. sebenernya keseluruhan soal TPU ngga melulu cuman ekonomi aja, ada juga soal semi-semi sejarah dan beberapa undang-undang.. akhirnya ketemu UU juga.. yang aku inget banget karena sering dibahas di kaskus yaitu Mata Uang Jepang, Ratu Belanda, Presiden Mesir yang digulingkan, Terusan Suez, Redenominasi mata uang, Devaluasi, Tugas Bank Sentral dll..

ok, setelah sejam berkutat dengan soal TPU yang cukup njelimet :D, kita dikasih waktu untuk ISHOMA, menurut aku cuman cukup buat Ibadah saja, karena keluar dari mushola semua udah pada ngantri masuk lagi, reflek aku nya ikutan ngantri masuk juga padahal rencana mau ngemil-ngemil dulu T.T. sebenernya waktu ISHOMA cukup yaitu 20 menit, cuman lamanya karena ngantri ke belakang, dan ngantri sholat nya :).. aku pasti akan sangat merindukan moment itu ^^. setelah sekitar 5 menit berdiri ngantri akhirnya bisa masuk dan siap-siap dibikin kliyengan sama soal Tes Bahasa Inggris a.k.a TOEFL PBT. dari sebelum ini udah sempet belajar-belajar dikit tapi ternyata soalnya Maha Dahsyat T.T, oiya untuk yang udah punya sertidikat TOEFL dengan score >500 boleh dah tu balik pulang.. dan kemaren ada 6 orang yang udah boleh pulang karena udah punya tu sertifikat sakti. sekitar setengah jam semua sudah lengkap masuk, duduk manis dan beberapa kali check sound terutama yang duduk di belakang, aku dapet bagian depan memang tapi selama tes berlangsung suara agak bergema, antara denger, ngga denger dan amnesia mendadak :(. susah? iya.. tapi mungkin buat yang laen ngga ya? ^^". ada sekitar berapa soal aku lupa namun yang pasti kata orang yang sama lah kayak tes-tes TOEFL di lembaga-lembaga english course yang biasa ngadain. Untuk listening, kalo pinjem kata om mario.. SUPER SEKALI!! untuk structure insyaAllah moga-moga deh ^^, yang reading tingkat rumitnya yah menengah ke atas lah.. :s

setelah sejam setengah disiksa dengan tes TOEFL, bisa lega juga akhirnya proses Tes Tahap II ku berjalan lancar, walaupun sekarang masih dalam masa penantian pengumuman.. sekarang saatnya berdoa semoga memang jalanku disitu ato mungkin ada yang lebih baek dari itu, kita hanya bisa berusaha.. Allah yang menentukan ^^ sambil nunggu pengumuman sambil lirik-lirik loker CPNS yukk :)
semoga kita sukses.. aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar