Kamis, 10 Oktober 2013

Ujian Komputer CPNS Mahkamah Agung 2013



Setiap tahun ada suatu hal yang selalu ditunggu-tunggu para jobseeker .. Rekrutmen CPNS besar-besaran!! :D
Dan taun ini aku pun juga ikutan, dari awal memang sih ada pemberitahuan kalo ga boleh daftar lebih dari satu kementrian...kenapa? karena tes nya ntar juga bakal bareng, tanggal 3 November 2013. Tapi ada yang aku bingung juga disini, karena seperti yang udah diketahui kalo rekrutmen taun ini ada beberapa kementrian yang bakal pake sistem CAT.. yah simple nya tes pake komputer gitu deh, otomatis online dan tersambung ke server nya BKN dan TKD nya udah diadain di bulan Oktober. Kali ini aku ikut MA (Mahkamah Agung).. baru pertama kali ikut taun ini, dan berharap bisa bergabung ^^

Ada beberapa tahapan seleksi dalam rekrutmen CPNS dan tentu saja berbeda-beda tiap kementrian, contohnya saja untuk Kementrian Keuangan yang punya 4 ato 5 tahapan seleksi kalo ngga salah dan berlaku sistem gugur di setiap tahapannya. Untuk MA hanya sekali tes yaitu di tanggal 3 November 2013 untuk TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang), buat MA ini karena kemaren aku ambil  lokasi tes ujian komputer di Pengadilan Tinggi Jakarta.. jadi deh harus beberapa hari di jakarta. September lalu aku daftar secara online dan dapet bukti pendaftaran online yang nantinya akan dikirim bersama berkas-berkas pendaftaran lain ke MA. Tanggal 2 Oktober 2013, Sekretariat MA udah upload pengumuman untuk pengambilan Kartu tes, yang mana dibarengin sama tes Komputer nya.. bingung juga awalnya karena disitu tercantum bahwa akan diadakan tes ujian komputer dan pengambilan kartu tes pada tanggal 8-11 Oktober 2013, but kagak ada jadwal pembagian hari atopun jam nya.. kita yang bukan orang jekardah kan pastinya bingung.. yah bingung buat nentuin bakal berangkat kapan donk.. kalo ga tau jadwalnya kek gini. 

Akhirnya aku n friends :D mutusin buat berangkat tanggal 7 Oktober, pengennya sih naek kereta biar cepet dan irit :p tapi yah tau aja kalo kereta mah tiket udah kayak jajanan pasar.. cepet abisnya -__-" dan memang seharusnya seminggu sebelumnya pesen.. oke deh, ga ada Kereta, Naek Bus pun jadi.. dapet tuh akhirnya Bus Gunung Mulia berangkat jam 4 sore, dan posisi stengah 3 sore aku masih ada di dalam rumah .. niat kita berangkat bareng bertiga dari solo.. dan langsung dah tancap gas menuju solo.. bener-bener aku yang takut ngebut di jalan harus mengacuhkan perasaan takut itu *ceileeh.. entah deh berapa kali aku sempet ngerem mendadak, hape juga udah bunyi terus daritadi.. temen yang di solo ikutan bingung.. namanya juga ngejar waktu.. dan alhamdulillah ga nyampe 2 jam aku udah nyampe solo, buru-buru parkir ke garasi rumah temen aku, capcuzz menuju terminal kartasura dianterin Mama sama Papa nya..
jam stengah 5 resmi aku naek bus menuju ke jekardah, deg-degan sih engga ya.. cuman lucu aja gitu.. persiapan cuman sehari dan kita ngerencanainnya baru tadi pagi.. eeeh sore udah on the way hehehe.

Tanggal 8 Oktober paginya sekitar jam 9 WIB udah nyampe di terminal Rawamangun, dijemput sama eyang nya temen yang punya rumah di deket situ.. pisangan lima. dan kita juga udah rencana mau dateng ke Pengadilan Tinggi Jakarta buat tes di hari selanjutnya.. tanggal 9 Oktober 2013. Tapi siang ntar tetep bakal mau tengok TKP sih buat liat-liat kalo memang ada pembagian jadwal nya, dan ga lupa juga bawa berkas-berkas sekalian buat jaga-jaga kalo-kalo masih bisa tes siang itu. 

Dan ternyata kita masih bisa ikutan test, banyak juga sih yang udah antri pengambilan kartu, sedangkan kita masih antri buat tes Ujian Komputer. Jadi di deket tembok parkiran kalo ga salah sih, ditempel banyak banget kertas yang tercantum semua nomor peserta dan juga ada tanda angka nya di setiap lembar. kita cuman harus liat nomor kita da di lembar nomor berapa. setelah tau nomor lembar segera deh menuju meja daftar ulang, siapin KTP dan bukti pendaftaran online.. disitu kita bakal di cek ktp nya dan disuruh ngisi form nama dan nomor juga tanda tangan. setelah udah dapat form yang bakal kita bawa untuk ujian, sebelumnya kita harus tunggu dulu, nunggu peserta yang udah duluan masuk. disediain tempat duduk banyak banget kok.. jadi ga perlu berdiri. dan ga lama kemudian kita 15 orang disuruh masuk untuk tes.. naik lift dong, soalnya TKP ada di lantai 6.. sampai lantai 6 yang seperti ruang rapat itu, kita masih nunggu giliran lagi, karena di depan aku saat itu udah ada banyak banget laptop dan komputer yang lagi di pegang sama peserta yang baru tes saat itu, agak tegang-tengang gimana gitu.. apalagi sebelum ini ada yang bilang bakal pake ms. excel juga.. beeeuuuh.. untung ga ada, jadi kita cuman disuruh ngetik ulang aja pake ms. word memang simple tapi cuman dikasih waktu 5 menit, dan kalo bisa sebanyak mungkin dapet nya. setelah di convert ke pdf udah boleh turun buat nunggu kelulusan dan kartu tes, hhehe.. turunnya sih kagak pake lift tapi lewat tangga samping dan aku yang pake high heels ini nyampe ga kerasa kalo udah jalan dari lantai 6.. karena sibuk bahas tes komputer tadi :D

Nyampe lantai bawah udah banyak peserta yang juga udah selese ujian komputernya dan sekarang giliran antri untuk dapat kartu tes. lumayan lama ini.. sekitar sejam kurang baru aku kepanggil dan disitu cuman harus tempel foto ukuran 4x6 latar belakang warna merah, 2 lembar.. dan tanda tangan juga, udah gitu aja..dan nunggu di stempel sama panitianya .. 
Dan sekarang saatnya belajar keras.. untuk perang di tanggal 3 November nanti bertempat di daerah Cijantung Jaktim.. 
Wish Me Luck ^^

10 komentar:

  1. Bdw ntar tes di cijantung jam brp ya..
    Trims

    BalasHapus
  2. jam 08:00 WIB kk, disarankan 30 menit lebih awal ud d tkp :D

    BalasHapus
  3. Ok, terima kasih,
    Udh dapet info kapan pengumuman hasil tes TKD n TKB..?

    BalasHapus
  4. kabarnya utk pngumuman lulus TKD nya tgl 4 desember kk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke dech, bdw km ambiL formasi apa...
      Kemarin ruangannya nomor brp...?

      Hapus
  5. Aq bLh minta kontak kamu gag...

    BalasHapus
  6. ak ambil CPP PN kk.. sama kah? :D
    kmren wktu tes dpet ruang 15

    BalasHapus
  7. Sama CPP PN jg, kaLo aq kemarin di ruang 11, Lantai 3 gedung SMK

    BalasHapus
  8. siapa yang lulus tunjuk tangan?...

    BalasHapus