Senin, 09 Desember 2013

Me vs Dosen Pembimbing


Hehehe :D
Judulnya ngeri juga yak.. tapi bukan berarti aku mau ngelawan dosen pembimbing ato gimana gitu, ngga kok.. 
"Dosen Pembimbing" pastinya pembimbing skripsi lah, entah itu skripsweet or skripshit :D. 
Sebenernya udah lulus taun kemaren, tapi lagi pengen bahas kenangan-kenangan masa lalu tentang perjuangan menyusun skripsi yang cenderung dikenal sebagai masa-masa sulit mahasiswa selalen kurang duit di akhir bulan :p.

Nah baru-baru ini aku liat ada seorang kakak tingkat aku yang masih nyusun skripsi dan beberapa temen dia yang juga masih nyaman di kampus. Agak sering juga dia update status nya di salah satu socmed dan isinya menghina dosen pembimbing!, dan beliau kebetulan juga dosbing ku dulu.. ok, ini ngga ada kaitannya dengan beliau yang ternyata juga dosbing ku bukan juga bermaksud aku membela dosen ku karena aku juga merasakan pahit getirnya bikin skripsi, seriously! sempet down tapi banyak support dari sana-sini sehingga aku bisa bangkit lagi.

Aku nggak terima rasanya ada seseorang yang mengata-ngatai seorang dosen yang menurut nya mempersulit skripsi nya.. iya, aku tau perasaan nya yang pengen cepet jadi alumni, cuman pasti ada something wrong sama dia, Kalo boleh aku katakan pastilah hampir semua mahasiswa mengerti karakter dosbing di kampusnya.. mungkin ada yang agak killer, ramah ato yang lain-lain. Tapi dosbing yang sedang dikata-katai sama kakak tingkat aku ini bukanlah orang yang seperti dia kira, sebut aja deh kakak tingkat ku itu Enji.
si Enji ini lebay banget deh, beneran! mungkin dulu aku sempet update masalah skripsi di socmed juga.. tapi nggak pake gaya alay kayak gitu.. apalagi sampai berani banget sama dosen, ehm.. ngga sopan! ngga tau diri! sebenernya itu yang ingin aku katakan sama si Enji tapi aku tau sih pasti dia juga ngga bakal terima.. yah cukup tau aja kegalauan mahasiswa tua. Dulu aku sering juga tuh dimarahin dosbing aku itu, tapi aku tau semua itu karena salah ku.. belum terlalu menguasai materi, tapi memang ada juga saat-saat yang mungkin berdasarkan feeling aku beliau baru ngga mood hehhe.. ngga papa, itulah saatnya kesabaran kita diuji very hard.  

Ada banyak cara sebenernya untuk menyikapi hal ini, biar ngga sampai sumpah serapah di socmed. Yang dulu aku sering lakuin yah pertama liat jadwal dosen nya apakah di hari itu terlalu full ato kah ngga.. kalo ngga yah paginya aku dateng ke kampus buat konsul, Aku sering usahain ngga terlalu siang ke kampus.. kecuali memang dosen nya yang minta kita kalo mau konsul siang aja. Sebelum berangkat ke kampus buat konsul, sering telepon dosen dulu biar kita bisa mastiin kalo dosbing nya bisa ditemuin :). Kalo inget-inget dulu sih macem-macem rasanya.. kadang agak gimana gitu kalo liat temen laen udah mau selesai walaupun ada beberapa yang "jahit in" skripsi nya :D but terserah mereka.. I Don't Care. Semaleman ngerjain skripsi dan akhirnya setelah konsul dapet revisi banyak banget juga pernah.. ganti judul juga pernah, jatuh bangun nua itu yang bikin greget kehidupan :D mungkin kalo ngga gitu kita jadi ngga tau arti perjuangan hidup.. iya kan? lagipula dengan sering revisi, kita jadi lebih bisa memahami isi skripsi kita sendiri.. sampai nanti waktu pendadaran lancar jaya.. siapa coba yang ngga mau?

Dan kalo balik lagi ke permasalahan kakak tingkat aku itu si Enji, kayaknya dia harus lebih berbenah diri deh.. kemungkinan besar kemarahan dosbing yaitu karena mahasiswa nya kurang paham isi skripsi nya .. kemungkinan kedua juga karena si mahasiswa ngga mengerti maksud si dosbing.. inget ya, dosbing itu bukan hanya membimbing satu ato dua orang mahasiswa aja.. tapi mungkin belasan bahkan puluhan, dari mahasiswa yang rajin sampai mahasiswa yang hampir kadaluarsa. Beliau-beliau masih mau menyempatkan waktu untuk merevisi dan membimbing skripsi kita.. dan seharusnya pula kita lebih sadar diri dan punya stok kesabaran yang overload.. keluarga, sahabat dan tentunya Allah bersama kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar