Kamis, 28 November 2013

Tes Kesehatan dan Kebugaran CPNS Kementerian Keuangan RI 2013


assalamu'alaikum, :)

Tanggal 27 kemaren baru aja aku mengikuti tes kesehatan dan kebugaran yang diselenggarakan oleh Kemenkeu sebagai lanjutan dari psikotest.. itu berarti aku lolos psikotestnya, alhamdulillah bener-bener ngga nyangka karena aku yakin banyak candidat yang lebih baik.

Ok, tes kesehatan dan kebugaran diadakan udah dari tanggal 25 November, dan aku kebagian tanggal 27 November, sedangkan wawancara akhir dapet tanggal 28 November. Tanggal 27 November pagi aku udah berangkat dari rumah, dan sampai di lokasi tes yaitu di Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, alamatnya di Jl. Solo km 11 Kalasan, pada jam setengah 7 kalo ngga salah. Awalnya memang belom tau tepatnya lokasi itu, tapi ada temen kaskus yang kasih tau, jadi kalo dari solo ntr lokasi masuk gang di kanan jalan, dari depan Kantor Koran Kedaulatan Rakyat, puter balik dan beberapa meter kemudian ada gang ke kanan, ada plang papan nya juga masuk kira-kira berapa meter gitu udah keliatan kantor balai diklat nya. 

Jam segitu aja udah banyak banget peserta yang datang, dianjurkan lebih pagi datang nya karena yang duluan dapat nomor antrian juga akan dilayani dulu, kita dikasih durasi waktu buat ambil nomor sampai jam 10.00 dan saat itu dapet nomor 69 hhehe :D lumayan lah, aku kira bakal lari siang ternyata ngga juga, sekitar jam 9 kalo ga salah aku dan peserta laen udah diangkut ke TKP tempat tes kebugarannya (lari 12 menit mengitari lapangan dan dilanjut dengan shuttle run) tapi sebelum tes kebugaran itu kita masih diharuskan untuk registrasi dan tes kesehatan terlebih dahulu. Jadi setelah menunggu registrasi dibuka yaitu pada jam stengah 8, kita bergiliran masuk untuk registrasi kemudian di tes kesehatan nya. tes kesehatan nya meliputi pengukuran tinggi dan berat badan (ini ga sebenernya kurang sesuai -__-") beratku nambah dan tinggi berkurang, udah protes sih cuman tetep aja ditulis tinggi dan berat yang diliat sama petugasnya. 

Setelah itu petugas mengisi form yang dikasih sewaktu aku selesai registrasi, lanjut ditensi kemudian tes buta warna, dada nya di cek juga, perut sama cek varises. setelah selesai semua, form dikembalikan sama petugas kesehatannya lalu kita disuruh ngantri buat diangkut ke lokasi/ lapangan buat tes kebugarannya. ga lama nunggu, udah dipanggil buat masuk mobil bareng 9 orang lainnya.. Jadi sekali angkut ada 10 orang, dan itu jadi kelompok kita di tes lari nya. Alhamdulillah waktu tesnya pas gerimis-gerimis gitu.. jadi ngga panas.. seger sih jadinya, tapi berasa perjuangan nya juga hhehe. Kalo ga salah kemaren ada yang lagi hamil juga, tapi dia masih tetep ikut tes kebugaran, mungkin karena masih hamil muda jadi diijinkan ikut. 

Tes lari mengitari lapangan selama 12 menit itu kita dikasih instruksi dulu gimana nanti teknisnya, awal-awalnya sih masih pada bareng-bareng larinya bejejer gitu, lama kelamaaan pada berbaris akhirnya pada renggang :D dan aku bener-bener sekuat tenaga waktu itu.. dibilang ga kuat sih bisa jadi, tapi semangat masih meluap jadi gimanapun harus maju terus, biarpun kaki rewel hhaha. Melihat peserta laen juga berjuang gigih, kan nambah semangat kita hhehe.

Kalo udah kedengeran sirine pertama itu tandanya tinggal 1menit waktunya, dan tepat 12 menit bunyi lagi dan kita harus berhenti dimanapun kita berdiri, sambil melepas kaos yang ada nomornya. setelah itu istirahat sebentar buat persiapan shuttle run. Sebelum mulai dikasih contoh dulu sih, dan aku dapet giliran pertama -__- hhehe. Aku ikutin aja cara dari instruktur nya, waktu melewati pembatas kayu nya pake muter badan gitu dan aku kira emang lebih cepet gitu dari pada kita ngerem lari dan mengitari kayu nya lebih menghabiskan waktu sekian detik. Oiya kalo salah ntar disuruh ngulang lagi dari awal, dari instruksinya sih kita shuttle run 3x dilanjut sprint, nanti juga di kode sendiri kapan kita harus sprint dan yang dinilai kecepatan kita. Tapi instruktur nya ngga ngasih tau berapa waktu masing-masing peserta.

Well, setelah selesai rangkaian tes kesehatan dan kebugaran itu kita nunggu jemputan lagi untuk balik ke kantor balai diklatnya, dan disana jangan lupa tanda tangan lagi sebagai tanda kita udah selesai dan dikasih TPU kita lagi. Disimpen baik-baik TPU nya :) dan semoga sukses menanti kita di depan, aamiin ya Rabb :)

wassalamu'alaikum..



21 komentar:

  1. mba dapat berapa puteran pas lari 12 menit

    BalasHapus
  2. jadi malu inget ini :D
    standar cewe aj sih kk kmren dapetny, hhehe :p

    BalasHapus
  3. saya juga minim e mba,,,,,,,just dapat 6 putaran lebih 70 meter.............

    BalasHapus
  4. di jogja jg kk tes ny?
    yh udah gapapa lagian cowo dpet 6 juga dah bagus kok kk, setidaknya kn udah berjuang maksimal.. ;) hasilnya nanti serahkan sama yg di Atas :)

    BalasHapus
  5. saya juga TKK di BDK jogja mbak...tgl 27 juga...mbaknya nomer brp?

    BalasHapus
  6. nomer yg mana ni mb? :D.. kalo nomor antrian ny itu dapet nomor 69..
    kalo pas lari dpet nomor 1 group ijo mb..

    BalasHapus
  7. Tes varisesnya berarti suruh lepas celana?

    BalasHapus
  8. tes varises kok kak jadi cuman ngangkat celana sampai ke lutut doank, kan yang di cek betis nya kak..
    kemaren sih ngga pake cek ambeien, jadi ga perlu buka2 celana :D :D

    BalasHapus
  9. Klo hamil tua gmn mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. brapa bulan mba??
      kmren ad yg msih 4 bulan boleh lari.. cuman resiko dtanggung sndri kabarny gt mba.. ad surat prnytaannya jg..

      Hapus
  10. Cek varises itu prosedurnya gmn mbak? disuruh berdiri angkat celana sampe lutut doang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kk cuman gitu aja.. trus d cek betis nyaa..

      Hapus
  11. Mbk itu lapangan yang buat lari seberapa gedhenya, krg lebih kelilingny brp kilometer gitu?

    BalasHapus
  12. mba kalo tes kesehatan kalo giginya berlubang gimana se mba bisa apa ngga

    BalasHapus
  13. mba risma mau nanya..
    kalo dulu tes TKK dilapangan deket BDK Jogja keliling nya masih ingat gak ya 300 meter atau 400 meter? tadi aku udah tes lari dapet 4 puteran lebih tapi ternyata kelilingnya 300 meter.. aku larinya gak sampai1.600 meter

    BalasHapus
  14. mba waktu tes lari dpt berapa putaran ...???

    BalasHapus
  15. mba untuk area bokong dicek nggak waktu tes kesehatan?

    BalasHapus