Kamis, 28 November 2013

Wawancara Akhir CPNS Kementerian Keuangan RI 2013



assalamu'alaikum :)
mau nge-share dikit pengalaman aku kemaren waktu tes wawancara akhir cpns Kemenkeu 2013, lokasi nya di jogja.. tepatnya di Gedung Keuangan Negara Jl. Kusumanegara 11. Alhamdulillah dapat sesi I lebih pagi lebih baek hhehe :D, biar bisa pulang ke rumah juga, gt. tanggal 28 November jadi jadwal aku buat tes wawancara ini, yang sehari sebelumnya aku udah lalui tes kesehatan dan kebugaran di kalasan. Dapet sesi I yang dimulai jam 8.30 dan aku udah nyampe lokasi sekitar jam 6 hampir setengah 7, udah ada juga peserta yang datang jam segitu. Sesampai disana kita masih pada nunggu di luar gedung hingga pukul 7 WIB dan baru masuk ke ruangan untuk registrasi. Di ruangan registrasi kita diwajibkan menunjukkan TPU asli ato yang hilang bisa buat laporan kehilangan di kepolisian, kartu identitas juga perlu boleh KTP/ SIM. 

Setelah dipersilahkan maju untuk registrasi, aku dan peserta lain masing-masing diberi form 2 lembar yang mengharuskan peserta untuk mengisi/ menceritakan tentang prestasi/ keberhasilannya dan pada lembar kedua diisi dengan pengalaman kegagalan kita. 
Buat ngisi form itu mungkin butuh cukup lama waktu, tapi aku sama in aja ketika waktu psikotest dulu, sama sih instruksi nya disuruh nyeritain prestasi dan kegagalan. Cepet aja ngisi nya biar cepet dikumpulin dan dapet nomor antrian, waktu itu aku dapet nomor antrian 8 di meja 8. Dan pukul 8 WIB untuk nomor antrian 1-20 disuruh menuju ke ruangan interview yaitu di ruang kraton, ruang psikotest ku dulu :D. 

Disitu ternyata ruangan dibagi, pintu tengah untuk nomor antrian 1-10 sedangkan samping ruangan untuk peserta bernomor 11-20. 
Masuk ke ruangan sempet deg-deg an pula, tapi interviewernya ramah banget kok :). Setelah kita dipersilahkan duduk, ada sedikit pengantar dari bapak pewawancara nya meliputi ucapan selamat datang dan selamat bisa sampai ke tahap ini, tentang surat bermaterai yang berisi kesediaan kita ditempatkan di seluruh indonesia dan ditanyain juga tentang kesediaan proses interview kita yang akan direkam.

Setelah itu, bapaknya menawarkan waktu buat aku untuk berdoa dulu, yah aku gunain waktu itu buat berdoa sejenak, meminta pada yang di Atas untuk melancarkan interview ku hari ini. Oiya pewawancara nya ada 2 orang, dan secara bergantian kasih pertanyaan ke aku. Dimulai dari pertanyaan tentang diri kita pribadi, kuliah terutama. Dilanjutkan dengan Organisasi juga, kebetulan aku belum punya pengalaman kerja jadi lebih ditekankan pada pengalaman organisasi nya. Dan secara keseluruhan sih menurut ku yang ingin lebih digali dari kita adalah dari karakter/ kepribadian kita sendiri, khususnya dalam pemecahan masalah. Dan jika memang aktif dalam organisasi, ditanyain juga tuh gimana bisa menjalankan keduanya dengan berbagai tugas kuliah yang pasti padet. Gimana sikap kita menghadapi teman yang tidak sejalan. 

Yah seperti itulah.. dan materi tentang Kemenkeu nggak keluar sama sekali, malem sebelumnya sempet googling dikit-dikit sih tapi ternyata ga keluar hhehe :D. Jawablah yang jujur, dan jadi diri sendiri.. karena setiap orang pasti punya keistimewaannya masing-masing. Kelebihan dan Kekurangan juga pasti ada, dan dari itu muncullah Keberhasilan maupun Kegagalan.. jangan takut menceritakan kegagalan yang pernah terjadi tapi usahakan menjelaskan bahwa kita tidak terpuruk setelah mengalaminya. :)
wasslamu'alaikum :D

55 komentar:

  1. sudah sampai tahap wawancara ya sis ? selamat ya..
    buat fresh graduate pertanyaannya seputar apa sis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

      DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

      (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM )

      Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

      Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

      Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

      Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

      Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Hapus
  2. iya sist, alhamdulillah.. makasih yak.. ;)
    sista juga ikutan kemenkeu taun ini?
    kalo untuk freshgraduate lebih ke organisasi sama kehidupan kampus sist..
    misalnya tentang konflik yang terjadi saat kita mengadakan kegiatan di organisasi yang kita ikutin.. bagaimana kita menyelesaikannya..

    BalasHapus
  3. lari kemaren berapa putaran sist?

    BalasHapus
  4. dapet dkit kk, mepet bin standar aj.. :)

    BalasHapus
  5. udah ada pengumuman lulus cpns kemenkeu.. mba Risma lolos ga?

    BalasHapus
  6. alhamdulillah.. lolos, kk.. :)
    kk arief lolos jg?

    BalasHapus
  7. adik saya yang lolos, di bea cukai.. anak hukum juga.. kalau risma penempatan di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, alhamdulillah kalo gt.. :)
      sya msuk di Ditjen Pajak, kk..

      Hapus
    2. Kak Arief klo adiknya dari bea cukai dr stan apa kampus lain..berbagi tentang wwawanaca dan tes kesehatan bagian bea cukai dunk ka..hehehe

      Hapus
  8. oia selamat ya...semoga amanah menjadi PNS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yah kk..
      aamiin ya Rabb, iyaa InsyaAllah :)

      Hapus
  9. kk, kalo gak punya pengalaman organisasi gmn donk?

    BalasHapus
  10. setau saya sih klo dah kerja yg dtanya pnglaman kerja ny kk..
    klo blom pnya yh pngalaman organisasi wktu kuliah..
    tp klo ga pnya pnglaman orgnisasi kmungkinan dtanyain msalah skripsi ato kegiatan prkuliahannya kk.. misal ttg mnyelesaikan tugas2 yg dkerjain kelompok atopun individu
    CMIIW ^^

    BalasHapus
  11. mbak mw tanya, kmrn ada syarat akreditasi nya gk? Dan min ipk brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak salah akreditasi fakultas min B, ipk 2,75..
      good luck, kk :)

      Hapus
    2. Cuma akreditasi fakultas?

      Tidak pakai akreditasi universitas kah mbak?

      Hapus
    3. tergantung persyaratan yang ditentukan saat rekrutmennya kalo ngg salah kk, bisa jadi dua-duanya baik fakultas atopun jurusan min akreditasi nya B..

      Hapus
    4. yah saya akreditasnya c gimna jadi padahal pingin ikut cpns kmenkeu tahun ini :( dimna mba lihat persyaratanya

      Hapus
    5. ato dicoba aj dlu kk, dftar nya kn online jg.. kalo2 bisa..
      dlu liatnya di situs yang ini kk (http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/Konten-Campaign.asp)
      suksess kk :)

      Hapus
  12. kk q mw tanya, apa yg boleh ikut cuma lulusan dr PTN aja? Coz q dri PTS ni kak :(

    kk lulusan dri mana sih klo blh tw?
    Makasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbuka untuk semua PTN dan PTS kok kk :)
      sya jg dari PTS :D
      Univ. Muhammadiyah Surakarta, tercinta hhehe
      semangatt kk :) :)

      Hapus
  13. kalau belum ada pengalaman kerja maupun organisasi, gimana kak? terus pake bahasa indonesia atau inggris?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gitu mungkin yang ditanyakan nanti seputar kuliahnya kak.. jadi kemaren itu sempet juga ak ditanyain sama interviewer nya tentang intensitas tugas-tugas kuliah, sama tentang kerja klompok buat nyelesaiin tugas dari dosen.. :)

      pake bahasa indonesia kok kak.. :)

      Hapus
  14. penempatan di daerah mana mbak?
    apa benar kalau penempatan nggak jauh-jauh dari daerah asal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang penempatan sya d surabaya kk, domisili jateng sih.. masalah penempatan memang hanya kepegawaian dan Tuhan yang tau kk :D

      sya ada teman asal jateng penempatan jateng jg ada, tapi ada jg asalnya jateng penempatan biak, maros, penajam dll..
      jadi masalah penempatan ngg bisa diprediksi kk..
      kadang ada satu angkatan penempatan jauh smua.. tapi rekrutmen slanjutnya pnempatan mereka ngg jauh2 dri homebase..

      yh sperti itu lah kk..
      smua kembali ke "Padamu Negeri" hehe :D

      Hapus
  15. mba mau nanya kalo surat lamaran cpns tulis tangan di kertas doble folio atau tulis tangan menggunakan a4 trus surat pernyataan boleh diketik kan mba? apa tulis tangan juga? make kertas a4 atau folio ya? bingung nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo surat lamaran byasanya dtulis di kertas garis folio kk kasih meterai gt, tapi apa udah dsruh bkin surat lamaran yak kk? kyknya dlu surat lamaran nya baru diminta waktu udah mau pemberkasan..

      kalo surat pernyataan diketik aja gapapa kok kk, kalo diminta meterai yah dikasih tempel meterai jg.. :)

      Hapus
    2. hihihii ia udah sory ga jadi di kmenkeu hahahah ambil daerah aja deh kirain buka kmenkeu di palembang ternyata enggak tahun ini ya udah ambil daerah aja itu berpa lama ya kira2 menunggu surat balasanya?

      Hapus
  16. halo mba mau nanya,, soal tes TKD gimana mba? apa soal banyak juga yg keluar dari buku" yang dijual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaloo jg mba, :)

      Yh kalo persis sama sih ngg mba.. tp model soal ny macam kyk gt jg mba..

      Hapus
  17. Mau nanya, kalo yang memiliki pengalaman kerja, ntar diminta surat referensi atau surat keterangan bekerjanya nggak yaaa ?


    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kykny sih ngg ms.. yg pasti ijazah ngg dtahan d kntor lama kn yak..

      Hapus
  18. mw nanya mbak, kira2 nilai TKD 337 bisa lolos nggak ya untuk ke tahap slanjutnya?
    skrg pnempatan dmna mbak?

    BalasHapus
  19. gde tu mba nilaianyaa.. insyaAllah lolos ..kalo ngira2 sih ngga bs sy hehe.. tapi liat score TKD sgitu pstinya dah nglewatin pass grade nya TIU TWK sm TKP nya kan yak mba.. kualifikasi pendidikan ap mba?

    skrg sy dpet pnempatan d surabaya mba.. :)

    BalasHapus
  20. siang mba..

    mba aku mau nanya nih.. kalo analisa pajak sebenarnya butuhin orang nya yang seperti apa ya? misal tipe pemikir atau apa, berkaitan sama soal psikotest, aku gak bisa gambar proporsional (bagus) itu ntar ngaruh gak ya? makasih ya mba...

    BalasHapus
  21. ehm.. kalo penilaiannya sperti apa jujur aja sy ngga tau kk.. :D :D
    soalnya pilihan awal sy jg bkan analis pajak :D kalo ngga salah dulu sy mlih d anggaran sm fiskal..hehe
    entah titik berat penilaiannya darimana akhirnya sy dapet dsini kk :)
    alhamdulillah :)

    kalo psikotest gambar sih jgn terlalu dpikirin kk.. sy yakin nilai psikotest ga semata diliat bagus ato ngga dari gambar nya karena ngga semua org punya bakat jadi pelukis hehe..
    tapi ada pengamatan khusus mungkin ato ada lah teknik mereka untuk melihat karakter ato kepribadian seseorang melalui coretannya.. :D

    keep spirit kk ^^

    BalasHapus
  22. Kk mw tanya,, pd saat ngisi kelemahan,, kk tulis apa?

    Terima kasih,,

    BalasHapus
  23. pas ngisi kelemahan agak lupa sya kk, tapi klo pas ngisi pengalaman kegagalan sih kalo ngga salah waktu sya cerita kronologis ngga lolos msuk di perusahaan yang saya minati.. :D

    BalasHapus
  24. Asalamu alaikum Mb..
    Waktu tes kesehatan kemarin yang di tes ap aj mb?? bisa diterangkan urutan pemeriksaannya,hehe..
    maaf nie pertanyaannya sedikit banyak..
    penasaran dengan tes kesehatannya..
    matur suwun..

    BalasHapus
  25. waalaikumsalam kk..
    sesuai yang ak tulis disini kk

    (http://lumpiabakpia.blogspot.com/2013/11/tes-kesehatan-dan-kebugaran-cpns.html)

    silakan dibuka ^^
    suksess yak
    :)

    BalasHapus
  26. Hai kak aku mau nnya kesan kesannya bekerja di DJP hingga saat ini gmn kak? :)
    Betah nggak? Akan ad diklat utk mengajari pegawainya ga ya kak. Soalny aku lamar utk DJP juga.. Tp blm pny latar blkang mngenai pajak sm skli..

    Mgu dpn bakal TKK dan wwncara kak. doain yah.. :)

    Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kesan nya banyak kk..
      tapi yah masih banyak yang perlu aku pelajarin.. apalagi basic ku agak beda hehe..
      banyak kok diklat yang diadain DJP..
      kalo yang baru aku ikutin ini ada DTU sama DTSD.. diadain di pusdiklat pajak..

      okk ak doain sukses yak..
      ^^ :) ^^

      Hapus
  27. Hallo kak, gmn kbrnya? oya mkasi ya buat masukan psikotes nya kemren. aq sekarang lanjut ke tahap selanjutnya. klo boleh tnyak lg nih hehehehe wkti tes interviewnya kk kmren ada gk ditanyaik seputar kementerian keuangan ato hal2 yang berkaitan tentang ekonomi? klo ada bagi2 donk tentang apa aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah baek kk..
      ini lagi DTSD smpe tgl 30 desember..
      kalo pengalaman kemaren ngga ada pertanyaan seputar kemenkeu kok, walaupun awalnya aku udah persiapan juga hehe..
      tentang teknis nya ekonomi juga ngga ada.. murni tentang pengalaman kita waktu kuliah ato pengalaman kerja sebelumnya..
      ato belajar aja dikit2 kk tentang kemenkeu secara garis besar
      :)

      Hapus
  28. Asalamualaikum kak, menarik nih blog nya.
    Oiya kak, alhamdulillah pacar saya lolos sampe tahap TKK, kebetulan D3 jd ndak ada test wawancara, kmrn ambil verifikator pajak, dan ini sedang menunggu hasil dari test kesehatan kebugarannya kmrn, semoga lolos :)
    Nah, setelah nanti lolos, kemudian tahap berikutnya pemberkasan nya di jakarta ya kak? trs lgsg magang ya? itu brp bulan magang nya kak? penempatan magang jg di jakarta kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam.. gimana kk lolos?
      iyaa kk pemberkasan di jakarta.. maaf ya baru smpet bales.. uda keluar jg kan pngmuman jadwal pemberkasannya.. :)
      setelah itu ada OJT (On The Job Training) kk, kira-kira 6 bulan..
      OJT ku dlu di Kudus kk, Jateng :) :) :)
      skarang penempatan di Surabaya ^^

      Hapus
  29. Hi kk... gmn nih kbrnya? oya kk, aq lulus di perpajakan nih :).
    oya kk, mw tanya lg nih :)
    kmren kk ngurus surat ket. bebas NAPPZA nya dr RS pemerintah ato di RS brimob kk?
    terus surat lamaran yang ditulis tangan itu ditulis dengan bahasa sendiri ato gmn kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi juga, kabar baek kk.. alhamdulillah selamat yak :)
      selamat bergabung d DJP ^^
      aku bkin surat bebas NAPZA d RS Pemerintah kk..
      surat lamaran ditulis dengan bahasa sendiri tapi yang baku yak.. banyak kk cntoh nya.. uda ada temen yg nge share kn?kk

      Hapus
  30. iya makasi ya :) sekarang tinggal nunggu tgl pelaporan... Btw kk, di pajak banyak diklat nya ya? oya, dengar2 setelah selesai magang kita disuruh bikin paper ya?

    Nia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa diklat bnyak jg kk.. nnti awalnya jg ad prajab.. trus DTSD..
      ehm.. iyaa nnti di akhir msa magang/OJT hrs bkin laporan OJT.. kita ambil 1 SOP dri salah satu seksi d kantor kita OJT.. ^^

      Hapus
    2. emmm gt ya kk, nilai paper itu ya yg digunakan untuk prajab nnt? sebelum prajab gk ada ujian2 lg kk?

      Hapus
    3. nilai paper it nanti buat nambah nilai OJT aj sih kk..
      selama OJT/magang itu ada tes e-learning kk.. dan kami ngerjainnya d kntor soalnya pake intranet..

      Hapus
  31. assalamu'alaikum kak, aku mau nanya yang pas tes psikotes. itu yang diujikan apa aja ya? dan untuk sumber pembelajaran kita baiknya dari mana ya kak?

    BalasHapus