Kamis, 07 November 2013

TKD dan TKB CPNS Mahkamah Agung 2013


assalamu'alaikum :) 

kali ini giliran nge-share tentang TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang) cpns Mahkamah Agung..
Tes cpns kali ini diadakan serempak yaitu tanggal 3 November 2013, terutama bagi kementrian ato instansi yang menggunakan LJK dalam proses seleksi nya. Untuk proses seleksi cpns MA diadakan satu hari yang udah mencakup TKD dan TKB.. berjuangnya dobel deh yak :D sebelum pelaksanaan tes, udah di umumkan juga di web resmi nya MA tentang tatib yang akan diberlakukan hari H nanti, meliputi alat tulis yang dibawa, KTP/ identitas diri, dan juga dresscode nya hhehe.. baju atasan putih, bawahan item.

Tanggal 1 November 2013 aku udah berangkat dari jogja naik bus malam "apa aja" :D untuk menuju ke jakarta (terminal lebak bulus), kenapa pake bus malam "apa aja"? yaa karena rencana awal pemberangkatan aku memang bukan dari jogja sih, melainkan dari kudus.. tapi takdir berkata lain.. hhaha, harus ganti plan B dan dicancel deh tiket bus Nusantara yang dari Kudus, ga apalah.. penting nyampe tujuan dengan selamat..
jam 17.30 WIB berangkat dari jogja dan nyampe jakarta sekitar jam 07.30 WIB.. dan udah ditungguin sama Pakde di terminal Lebak Bulus, otw ke rumah tante aku sekitar 10 menit dah nyampe. 

Beruntung lokasi tes cpns MA di Cijantung, Jaktim karena pakde dan tante aku juga tinggal di daerah situ ;).. Yup, lokasi tes di Yayasan Masjid Sudirman, Cijantung, Jakarta Timur.. tepatnya di deket Mall Cijantung alias Graha. 
Paginya, tanggal 3 November 2013 udah siap-siap nih ceritanya buat berangkat.. pukul 07.30 WIB udah otw ke lokasi, memang sih mulainya baru pukul 08.00 WIB tapi tau sendiri lah.. namanya tes kayak gini makin mepet waktu dateng nya bakal makin ngerasain macet parah nya -__- hehe. Oh ya, semalem.. tepatnya tanggal 2 November udah dateng ke TKP sih buat survey.. karena deket jadi naik motor aja sama tante aku, disana ada papan pengumuman yang ditempelin nomor peserta sekalian dengan nomor ruangannya.. lebih baik memang kita harus tau nomor ruangannya di hari sebelumnya biar ntar di hari H langsung aja menuju ruangan tanpa harus desak-desakan buat liat papan pengumuman ruangan kita. aku dapet ruang nomor 15, di kelas SD nya, tiap ruangan kira-kira ada 20 an orang dan untuk Calon Panitera Pengganti PN ato PTUN kayaknya emang ada di bagian SD nya sedangkan untuk Calon Panitera Pengganti PA tes nya di ruangan kelas SMP nya.. karena memang Yayasan Masjid Sudirman ini mencakup SD, SMP dan SMA.

TKD dimulai 08.00 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB dilanjut istirahat yang cukup lama menurut aku.. karena TKB dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.. sekitar 2 jam untuk tiap tes.. tapi untuk TKB kemaren agak misscom keknya, karena pukul 14.30 WIB katanya udah habis waktu nya. Untuk peserta tes yang tidak terlalu banyak di dalem kelas sih menurut aku jadi nyaman ngerjain tes nya yah agak tenang gitu rasanya karena ga liat banyak orang dalam satu ruangan, tapi kadang rame nya di luar.. suara panitia nya agak keras kedengeran pas lagi nanya in soal ato tentang cara pengisian data diri di LJK mpe agak bikin kurang konsen .. tapi awal-awal aja sih, overall ..everything OK. Pengawas nya juga ramah banget :) nah gini nih yang ga bikin ngerasa di intimidasi :p, jadi agak santai namun serius.. yah kek gitu lah :D ehm.. untuk soalnya juga dibikin golongannya, jadi ketika masuk ruangan .. di whiteboard nya udah ada kotak yang nunjukkin tempat duduk dan golongannya.. ada A, B dan C.. katanya sih soalnya beda-beda, iya mungkin maksudnya beda urutan nomor soalnya kali yak..

Soal TKD nya seperti kebanyakan soal TKD di cpns kementrian/instansi lain.. ada TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).. masing-masing ada passing grade  nya sendiri dan untuk lolos TKD harus memenuhi batas nilai nya ato syukur-syukur melebihi.. semoga aku salah satunya .. aamiin :)
Pukul 10.00 WIB tepat udah harus meninggalkan ruangan, untuk istirahat. waktu 3 jam istirahat buat yang rumah nya deket sih cukup tuh buat pulang ke rumah dulu, tapi aku nunggu aja di lokasi sambil kangen-kangen an sama temen-temen kuliah hhehehe.. ada juga aku ngeliat kakak tingkat aku waktu kuliah dulu, kalo temen seangkatan sendiri keknya ga begitu banyak yang ikutan cpns MA, karena lokasi tes nya yang di Jawa cuman ada di Jakarta, kejauhan sih terutama buat yang kita-kita ini yang dari Jateng.. tapi yah itulah perjuangan hehehe :D moga hasil nya berkah buat semua ..aamiin :)

Waktu istirahat di depan Yayasan, yah di sepanjang warung yang berderet di depan Yayasan itu semuanya cuman terlihat item putih kek TV jaman dulu haha, padet banget pada makan di depan.. ada juga yang sekedar minum es lagian juga panas bener di luar -___- aku dan temen aku milih warung es teller dan es campur yang juga ada di depan lokasi tes, sebenernya bukan milih sih.. kepaksa berhenti disitu karena semua warung udah pada penuh :D.

Kurang lebih pukul 12.00 WIB masjid udah rame orang yang mau menunaikan ibadah shalat dhuhur berjamaah.. masjid nya juga luas banget ^^. dan setelah selesai shalat aku dan temen aku langsung balik menuju ruangan kelas, udah disuruh masuk semua, tinggal nunggu pengawas datang .. tas ditaroh depan dan siap ngerjain TKB nya, jangan lupa juga berdoa :) menurut ku sih soalnya agak susah-susah gampang.. kebanyakan tentang hukum acara, baik itu di PN, PA ato PTUN. Tentang Juru Sita juga mendominasi soal nya, ada juga tentang Panitera Pengganti.. kira-kira seputar tugas, wewenang, dan undang-undang yang mengatur keduanya. Istilah-istilah hukum juga banyak yang keluar ^^

Pukul 14.30 WIB udah ada komando bahwa waktu tes sudah selesai, ada beberapa peserta tes yang langsung buru-buru ngerjain habis soalnya, karena mungkin dari awal kita berpikir bahwa tes nya akan selesai pukul 15.00 WIB. Setelah beberapa menit nunggu di depan parkiran.. maklum jalanan di dalem dan di luar lokasi sama-sama macet.. sekitar 15 menit kemudian akhirnya aku dan temen aku bisa ambil motor dan pulang ke rumah tante :) alhamdulillah, hari itu lancar dan semoga lulus cpns taun ini.. 
aamiin.. 

wassalamu'alaikum ^^

51 komentar:

  1. bismillah.. moga sukses kak :)

    BalasHapus
    Balasan

    1. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

      Hapus
  2. Bismillah, smga kita sukses n diterima, aamiin

    BalasHapus
  3. kpn pengumuman hasil test cpns mahkamah agung ri

    BalasHapus
  4. belum tau pasti jg kk.. :)
    tapi kabarnya sih tgl 24 des nanti pengumuman nya, untuk K/L yg test nya pake ljk (bukan CAT)

    CMIIW

    BalasHapus
  5. Kok sampai sekarang MA blm keluarin pengumuman ya????ini udah masuk tgl 25 loh....ada yg tw alamat web nya gak????tolong share donk!!!!thanks

    BalasHapus
  6. Iya sya juga buka web ma g da. Tp untuk cek lulus tkd nya bsa by cpns.liputan6.com tu nnt mskin no peserta sesuai passing grade ato g. Tp hasil final jg blm da info..

    BalasHapus
  7. iya sampe skrg pun belom keluar pengumuman nya :(..
    alhasil karena pngmuman dri kementerian sebelah (punya nya pak Chatib Basri) udah keluar, akhirnya sy ambil yg itu :) walwpun harapan bs keluar duluan pngmuman MA nya .. tapi mgkn ini jalan yg sudah disiapkan Allah
    nilai TKD saya 335 aja.. hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mw nnya mbak syarat sertifikat kmputer itu mksdnya apa? trus TKB sesuai dengan jurusan kita kn? brpa soal TKBnya?

      Hapus
  8. sertifikat yang mana yh kk? apa ad di persyaratannya?
    mksdnya ssuai jurusan pidana ato perdatanya gt kah kk? klo kmren itu lebih banyak di bidang acara perdatanya kk.. terutama terkait sm jurusita n panitera.. istilah2 hukum ttg prsidangan jg dipelajari kk..
    soal TKB nya ada berapa udah lupa2 ingat kk.. tapi pilihan ganda smua :D
    waktu yg dikasih jg cukup kok kk.. bnyak yg kluar dluan jg..

    BalasHapus
  9. sya liat di persyaratan cpns mahkamah agung 2012 hrus memiliki sertifikat komputer.
    sya jurusan sistem informasi mbak, rencananya mw ikut cpns MA.
    total untuk formasi sya kn ada 140 orang tpi penempatannya sudah dijatahin tiap-tiap daerah. jadi wktu pendftan online nanti kita lngsung milih daerah mna yg akan kita tuju ya mbak?
    untuk soal TKB sesuai dgn jurusan sya kan?
    trus tahapan seleksi cpns MA ini apa aja? apakah ada psikoest,kesehatan sma wawancara?
    makasih mbak risma,sorry ya yang ditanyain banyak :)

    BalasHapus
  10. https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/14-pusat/177-mahkamah-agung

    ini untuk formasi yg sya mksud mbak..

    BalasHapus
  11. ehm, kykny dulu jg ad prsyaratan sertifikat komputer kk.. ak bawa nya sertifikat kompt dari kampus :D
    jd kn ps ambil kartu tes d pngadilan tinggi jkrta dlu itu ada acara tes komputer jg.. cuman ngetik surat tapi agak cepet kk, dikasih waktu berapa menit gt..
    dulu juga gatau formasi penempatannya kk.. stauku sih stelah itu penempatan yang ngatur pusat..

    tahapan tes MA yah, awalnya tes komputer itu alias ngetik cepat :D sekalian ambil kartu tes, bbrapa mnggu kemudian tes TKD sm TKB di hari yg sama.. ngga ada tes lain apalagi wawancara kok..
    tapi yh karena saingan cukup berat katanya kalo ikut tes d jkrta kk..

    gapapa kk, silakan kalo mau nanya.. slama saya bs jawab, sneng jg bsa sdkit mmbantu :)

    BalasHapus
  12. ok mbak, untk sementra in itu dlu ya. tks infonya :D
    sya kenal,aku dri palembang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee sama2 kk,
      oh iya??
      salam knal juga.. ak ada temen juga anak palembang dan dia lolos MA..
      ak doain nyusul temen ak itu yak kk :) :)

      Hapus
  13. Mb Tes ngetik komputer kyk yg mb blg td itu berlaku untk semua jurusan atau jurusan tertentu saja? Lalu kalo jurusan manajemen materi TKB nya tentang apa ya? Apa jg tentang hukum pidana/perdata gtu ya? Tp di pengumuman cpns MA taun 2014 ini ga ada penjelasan bahwa TKD ma TKB digabung jd satu hari ya? Mohon penjelasannya, tks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes ngetik nya kayaknya utk smua kualifikasi pendidikan kk.. tpi biasanya d pengumuman nya dicantumkan..
      kalo dlu itu kualifikasi pendidikan yg dibuka hanya untuk S1 Hukum sm Syariah klo ngg salah kk..
      kalo skrg ad jurusan manajemen jg y? krg tau jg kk klo jurusan laen materi tkb nya ttg ap, ato mgkn dsesuain sama formasi jabatan nya kali ya, kalo hukum kmren kn utk panitera dan juru sita.. materi nya yah sputar it kk..
      kalo manajemen utk formasi ap kk klo skrg?

      Hapus
    2. Ini mb link-nya https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/14-formasi/pusat/177-mahkamah-agung

      Nah, formasi manajemen ada analis keuangan, auditor pertama, atau bs jg peneliti pertama en perencana pertama. Karena kan taun ni boleh milih 3 jabatan tp harus satu instansi yg sama. Kalo taun lalu bs milih beberapa instansi yg berbeda ya, tp ga bisa milih 3 jabatan di satu instansi kan. Nah ntar gmana tu mb TKB nya kalo gtu? Kalo aku misalnya milih analis keuangan, auditor, sama peneliti. Oke lah kalo auditor sama analis keuangan hampir sama, tp untk peneliti kan beda mb... Ga bs bayangin aja ntar materi TKB nya kayak apa hehe... Btw mb skrg di MA atau kemenkeu? :)

      Hapus
    3. Maaf mb tny lg, kalo pake CAT gtu wkt TKD kan ada hitung2annya, nah dikasih kertas buram ga bwt ngitung? Btw suamiku di djp jg lho, tp di dit. TTKI kanpus hee

      Hapus
    4. ehm, baru tau ak mba klo MA ada formasi jabatan analis keuangan sama auditor.. kalo TKB kmren memang soalnya ngga jauh2 dari seputar jabatan itu mba..
      iya sih dlu msih bisa dftar banyak, ak dlu dftar kemenkeu sm MA.. ada juga temen ak yg sampai daftar 9 instansi wktu itu :D :D tp keteteran jg buat nyiapin berkas nya..

      knapa ngga coba di kemenkeu aj mba?.. klo formasi yg dibuka buat jurusan manajemen lebih banyak di kemenkeu ato MA sih mba?

      mksdnya TKB d kemenkeu ato d MA mba?, kalo d kemenkeu pake CAT dikasih kertas buat coret2 jg.. kalo MA kn TKD nya msih pake LJK mba..

      ak skrg d kemenkeu mba, sama di DJP jg hehe :).. penempatan madya surabaya ini mba..

      Hapus
    5. Oh di Surabaya toh, hehe salam kenal ya mb....
      Aku udah ga minat mb di kemenkeu (kapok dulu th 2012 gugur pas TKB yg psikotes lanjutan itu hehe)...

      Aku ga jadi daftar MA mb, ini dah daftar di kemdikbud aja... Kalo dipikir-pikir ntar takut kena denda karena sebenernya aku ni mash kuliah S2 dibiayai ma dikti kemdikbud, nanti kalo dah lulus harus mengabdi di lingkungan kemdikbud... Kalo pindah haluan ke kementerian lain bisa kena denda suruh balikin ke kas negara. Benernya pengen pindah haluan karena ga jelas habis lulus ditempatin dimana dsb.... Tapi ya sudah buat coba2 dulu tahun ni, kalo ga lulus berarti ya belum rejeki juga hehe...

      Hapus
    6. salam kenal juga yak mba nindya cantik.. :) :) :)

      iyaa dulu waktu psikotest juga ak ngrasa agak ngga yakin hehe..
      mana saingannya pada ngrjainnya cpet2 kek gt..
      owh jadi ini kul S2 yak mba, nantinya jadi dosen gitu kah mba?
      yah apapun pilihan mba, smoga yang terbaik yak.. aamiin
      ;)

      Hapus
  14. mba maaf saya mau tanya soal persyaratan surat keterangan akreditasi kampus itu harus di serta kan di lampiran lamaran ya? kalo sudah ada di ijazah keterangan akreditasinya apa perlu juga pake surat keterangan akreditasi dari universitasnya? satu lagi mba lamaran di tulis tangan ya? di print bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ngg slah dlu ak jg ngg pake surat ket akreditasi kok kk.. jdi pake ftocopy ijazah legalisir ..
      yupz.. lamaran ditulis tangan aja kk, pake meterai hehe.. dlu ak nyampe berkali2 ganti kertas karena lama ga nulis jadi jelek tulisannya..
      wlwpun dganti lagi tetep jelek sih tulisannya -__-"

      soalnya d ketentuan berkas nya jg kn dsruh tulis tngan kk.. bener kn?kk

      Hapus
    2. owh gitu ya mba.. makasih ya mba soalnya ga di tulis di keteranganya di suruh tulis tangan.. oia mba punya reverensi soal yang bakal keluar ga? saya minta dong?

      Hapus
    3. oh di prsyaratannya ngga ada keterangannya klo harus tulis tangan yak kk? ato telp penyelenggara nya aja dlu.. biasanya dcantumkan cp nya kk di pengumuman..

      kalo reverensi soal yg bakal kluar ga punya kk hehe.. tapi dlu ak beli buku2 latihan soal cpns gt kk.. sbenernya soal2 cpns itu model nya sama kk cuman pertanyaan nya dbikin beda..

      ada yang bilang kalo sering latihan di buku latihan soal cpns, nanti pas ngerjainnya lebih mudah karena kan terbiasa dgn model soal seperti itu,gt kk..
      :) :) :)

      Hapus
    4. mbk risma dulu legalisirnya pakai tanda tangan sipa? dikampus ak harus pakai tanda tangan direktur biro administrasi akademik, lulus adminstrasi gk y :( takut

      Hapus
    5. kalo untuk daftar cpns pake tanda tngan dekan kk, soalnya dulu ada temen ku pake legalisir ttd kepala biro kan trus dibalikin kk..

      tapi ada juga yang bilang kalo msih seleksi administrasi pake legalisir ttd kepala biro dulu gapapa gt.. nah ntar kalo dah lolos kan ada pemberkasan tu.. baru pas itu diusruh ngumpulin berkas termasuk legalisir ijazah tapi yang ttd dekan nya ..

      Hapus
  15. Mbk misna ad kontak atau pinny temen mbk risma yg lulus ma di plmbng, soalny mau tanya tentang tahapan tes ad wawancaranz gk y 2014 ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe mba misna siapa ms?
      owh.. kalo temenku yang asal plembang pnempatan kalimantan itu dulu memang ngga ada wawancara nya ms.. stauku jg MA ngga pake wawancara ms.. kcuali memang di pengumuman rekrutmen nya diterangkan jelas kalo akan diadakan interview jg..

      soalnya temenku yang taun kmaren bareng saya daftar ada lagi juga yang lolos skrg pnempatan di Biak.. dia pun ngga ad tes wawancara nya kok ms..
      ato nanti coba ak hub temen ak.. minta pin bb nya ..:)

      Hapus
  16. Mba, mau tnya. Kira2 untuk pelamar Ma dr jurusan d3 ada kemungkinan ikut Tkb ga ya seandainya tkb memang diadakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm.. ak kurang tau juga mba hani, waktu rekrutmen kmren ngga ada d3 nya tapi kmungkinan bisa jadi juga mba.. soalnya kan tes nya hanya tkd dan tkb.. mgkn smua peserta nglewatin smua tes nya jg..
      tapi utk informasi pastinya lebih baek lngsung ditanyakan saja mba sama penyelenggara nya..

      Hapus
  17. mba..
    denger denger Mahkamah Agung tahn ini ngadai TKB bagi yg lolos TKD. kira-kra model TKB nya kyk apa ya? ato kyk psikotes kemenkeu??
    alhamdulillah nilai TKD ak krn lumayan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya kah kk? berarti ngga kayak dulu yaa.. dibarengin TKD sama TKB nya..
      ato karena sekarang kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan ngga hanya dari hukum saja yak..
      :D
      ehm.. beda kk.. namanya jg TKB (Tes Kompetensi Bidang) jadi ngga sama kayak Psikotest..
      TKB ini lebih ke soal-soal yang sifatnya akademis gt kk.. kalo aku dulu lebih ke materi hukum acara nya.. yang terkait sama Panitera n Jurusita..
      kalo utk jurusan lainnya sya ngga bgtu paham kk hehe :D bakal model soal TKB nya sperti apa.. yang pasti sih ssuai sama bidang nya masing-masing..

      CMIIW

      Hapus
  18. saya ambil pranata komputer mbak :)

    BalasHapus
  19. iya mbak,galau nih TKB nya kayak mana.. klo masalah TKD insyaallah mbak.. doain ya mbak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. okk kk :D
      ak doain sukses yak..
      lolos taun ini
      ^^
      :) :) :)

      Hapus
  20. Mau nanya nih, kalo tes TKB pemkot tp pake CAT nah gimana tuh tipe2 soalnya, saya bidang teknik sipil instansi PU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren yang pake aplikasi CAT hanya TKD kk.. kalo TKB yang sekarang juga pake CAT yak kk? baru tau :D
      kalo tipe soalnya kan yah soal-soal yang menyangkut bidang pendidikan masing-masing kk,
      klo kk mgkn materi nya seputar teknik sipil ato yang mengarah ke formasi jabatan yang dipilih .. cuman bedanya dari yang biasanya ngerjain pake LJK dganti via CAT.. biar langsung ketauan score nya kali yak..

      CMIIW

      Hapus
  21. maaf kk mau nanya kalo ngambilnya yg formasi semua jurusan c pake tkb juga ga ya kak?tkbnya biasanya kya gmana klo bwt semua jurusan?
    makasih kk

    BalasHapus
  22. maaf kk boleh nanya2 lebih bnyak? aq btuh info bwt klanjutan tes d MA. jika berkenan invite pin aq ya kk 74803c3b. makasih

    BalasHapus
  23. Ada yang tau tentang peneliti pertama MA itu kira2 TKBnya gimana ya? karena yang dibutuhkan smua jurusan. Thnx :)

    BalasHapus
  24. Ternyata ga cuma saya yang galau dengan tes TKB.. saya bingung sama materi TKB besok untuk formasi Perencana Pertama.. -______-??

    BalasHapus
  25. mba risma, maaf mau tanya, materi TKB apa aja yah? Ada brp soal trs waktunya brp? Untuk jabatan analis pelaporan
    Oiya temen2 ada yang ikut TKB tgl 1Des besok kah? Brgkali mau bareng invite 2B130147 salam kenal :D

    BalasHapus
  26. saya juga bingung besok tes tkbnya ap
    ada yg tau g g
    tkb buat formasi pemeliharaan it

    BalasHapus
  27. Setidaknya punya gambaran n prepare buat tkb mgg dpn,. Thanks http://www.soalcpns.com/?id=neeya

    BalasHapus
  28. Pengalaman 2013 Test di Kemenkeu dan DKI test TKB nya materi Psikotest lanjutan. TKB kan kewenangan Instansi terkait, ya kalau dari pengalaman Mb Risma TKB di MA materi jurusan ya mudah-mudahan gak jauh beda dengan yang kemarin. Jadi kita tinggal mengulang materi sesuai bidang kita masing-masing.

    BalasHapus